DISKUSI 4 TUTORIAL ONLINE FILSAFAT BISNIS ( ADBI4449 )

 

Materi Diskusi Inisiasi 4:

  1. Manusia menjadi pelaku utama dalam pasar, dan masing-masing individu mempunyai peran yang berbeda-beda. Peran mereka ada yang sebagai Produsen, distributor, konsumen dan regulator. Silahkan jelaskan peran-peran tersebut!
  2. Jenis-jenis pasar dan penjelasannya

PENDAPAT DISKUSI :

1.   Manusia menjadi pelaku utama dalam pasar, dan masing-masing individu mempunyai peran yang berbeda-beda. Peran mereka ada yang sebagai Produsen, distributor, konsumen dan regulator. Silahkan jelaskan peran-peran tersebut!

~ Peran sebagai Produsen ;

Berfungsi sebagai orang yang memproduksi barang-barang yang akan dijual di dalam pasar.

Perannya sangat vital, sebagai penyedia barang yang nantinya berpengaruh pada harga jual barang, Dalam arti produsen mampu menjadi aktor yang menentukan harga sesukanya, jika faktor-faktor lain dalam pasar tidak ikut campur dalam masalah penentuan harga. Jika dalam pasar hanya ada satu produsen, maka ia akan memonopoli seluruh harga dalam pasar tersebut. Tentu saja, jika proses monopoli yang dilakukannya bermanfaat bagi kesejahteraan pelaku pasar lainnya, maka hal itu tidak menjadi masalah. Tetapi jika ia bertindak sewenang-wenang dalam menentukan harga barang, tindakan tersebut akan menjadi sumber konflik dalam pasar.

 

~ Peran sebagai Distributor ;

Barang tidak akan jalan sendiri dari tempat produksi ke pasar. Produsen memerlukan orang yang mampu menjamin barang produksinya sampai ke pasar dalam kondisi yang baik.

Misal, seorang produsen sayuran ingin sayurannya sampai di pasar dalam kondisi masih segar. Ia perlu sopir yang mampu mengantarkan barangnya dengan cepat, tetapi sayurannya tidak lecet-lecet karena cara mengemudi yang ugal-ugalan atau tidak apik saat mengepak barang kedalam boks truknya.

Distributor juga harus bisa memastikan barang produsen dapat laku di pasaran karena barang yang tidak laku akan menghambat produsen dalam memproduksi, dan konsumen dalam membeli. Tentu, konsumen tidak ingin membeli barang-barangyang kadaluwarsa. Dalam hal ini distributor dituntut profesional dalam melayani produsen maupun konsumen.

 

~ Peran sebagai Konsumen ;

Yang ‘katanya’ pembeli adalah Raja. Dengan demikian, penjual harus memperlakukan pembeli sebaik mungkin. Namun di sisi lain, konsumen juga harus berempati dengan kondisi yang berlangsung di pasar. Misalnya, memahami kalau barang sedang sulit didapat maka harga akan naik. Janganlah ia marah-marah terhadap penjual dan ingin harga barang tidak naik, padahal ia tahu kalau barang sedang langka.

 

~ Peran sebagai Regulator ;

Pembisnis harus memperhatikan regulasi dalam pasar. Dan lebih baik lagi jika turut serta menegakkan aturan tersebut. Misalnya, tidak menjual atau mengedarkan barang-barang ilegal, seperti barang-barang elektronik yang kiat sulit di kontrol oleh pemerintah.

 

2. Jenis-jenis pasar dan penjelasannya

~ Pasar Door to Door ;

Pasar Door to Door atau mengunjungi rumah konsumen secara langsung merupakan bentuk pasar yang paling sederhana. Segmen pasar ini biasanya ibu-ibu rumah tangga yang sering ada di rumah. Penjual keliling memberi kemudahan bagi mereka untuk membeli barang tanpa harus repot-repot pergi ke pusat-pusat perbelanjaan. Harga yang ditawarkan acap kali lebih mahal, Tetapi jika dibandingkan dengan ongkos dan pengeluaran lainnya untuk pergi ke pusat perbelanjaan, serta tingkat ke praktisan, harga dari penjual keliling masih masuk akal. Sistem penjualannya ada yang bersifat tunai (cash) maupun kredit (angsuran).

 

~ Pasar Tradisional dan Modern ;

Pasar tradisional merupakan bentuk sederhana dari pasar, namun menerapkan semua unsur-unsur pasarseperti pelaku, regulasi, infrastruktur dan lainnya. Pasar ini lahir seiring dengan kebutuhan manusia untuk bertransaksi memenuhi berbagai kebutuhan hariannya. Harga ditentukan dalam proses tawar menawar.

Perkembangan dari pasar tradisional adalah pasar modern seperti supermarket, swalayan dan sejenisnya. Pembeli dimanjakan dengan suasana yang nyaman, bersih dan barang-barang yang dipajang dengan menarik. Harga ditetapkan oleh penjual, tidak ada proses tawar menawar, namun pembeli dapat membandingkan harga dari satu supermarket dengan supermarket lainnya. Pemilik supermarket selayaknya benar-benar memperhatikan produk yang ditawarkan. Misalnya, memperhatikan masa kadaluwarsa produk, legal atau tidak legal, sertifikat kualitas dan sertifikasi halal, menjual daging atau ikan segar agar ditampilkan menarik diberi es, menjaul sayur atau buah-buahan yang segar, dan lainnya.

 

~ Pasar Uang dan Pasar Modal ;

Pasar uang adalah;  suatu tempat pertemuan abstrak dimana para pemilik dana jangka pendek dapat menawarkan kepada calon pemakai yang membutuhkannya, baik secara langsung maupun melalui perantara.

Sedangkan yang dimaksud dengan dana jangka pendek adalah dana-dana yang dihimpun dari perusahaan maupun perorangan dengan batasan waktu dari satu hari sampai satu tahun, yang dapat diperjualbelikan di dalam pasar uang.

Pasar modal adalah;  pasar untuk instrumen keuangan jangka panjang yang bisa diperjualbelikan, baik dalam bentuk hutang maupun modal sendiri, baik yang diterbitkan oleh pemerintah, public authorities, maupun perusahaan swasta.

Umumnya suarat-surat berharga (efek) yang diperdagangkan di pasar modal dapat dibedakan menjadi dua, yaitu surat berharga bersifat hutang dan surat berharga yang bersifat pemilikan. Surat berharga yang bersifat hutang umumnya dikenal dengan nama obligasi, sedangkan surat berharga yang bersifat pemilikan dikenal dengan naka saham. Obligasi adalah bukti pengakuan hutang dari perusahaan, sedangkan saham adalah bukti penyertaan dari perusahaan.

 

~ Pasar Jasa ;

Pasar Jasa menjadi salah satu institusi bisnis yang menjanjikan saat ini. Misalnya konsultan bisnis, konsultan keuangan, jasa layanan pembuatan website, konsultan bangunan, jasa layanan transportasi, dan sebagainya. Pasar ini hadir untuk memberikan jasa yang menawarkan berbagai layanan konsultasi bagi para konsumennya.

~ Pasar Elektronik ;

Pasar Elektronik hadir dalam merespons perkembangan arus globalisasi terutama bagi mereka yang membutuhkan transaksi praktis. Pelaku biasanya adalah mereka yang sudah terbiasa menggunakan internet, memiliki sarana komputer yang cocok untuk melakukan penelusuran internet, seperti memiliki pasilitas layanan perbankan yang memadai seperti rekekning, kartu kredit atau ATM. Pasar ini menawarkan barang melalui website dalam produk gambar, menjelaskan kualitas dan harga produk, cara memesannya, serta bagaimana cara pembayaran dan oengiriman barang. Selain harga barang produsen biasanya juga membebankan ongkos pengiriman pada konsumen.

 

Referensi Menjawab :

BMP ADBI4449; FILSAFAT BISNIS; H. Sam’un Jaja Raharja & Zaenal Muttaqin; Universitas Terbuka; 2021.

Inisiasi 4; Materi Sesi 4; Filsafat Bisnis; Tutorial Online Universitas Terbuka