TUGAS 3 TUTORIAL ONLINE ILMU SOSIAL DAN BUDAYA DASAR ( MKDU4109 )

 

TUGAS 3 :

Untuk memperdalam pemahaman anda mengenai materi Hakikat dan Makna IPTEKS bagi manusia kerjakanlah tugas berikut ini!

Ilmu pengetahuan, teknologi dan sains sejak abad 15-an menjadi bidang yang focus dikembangkan oleh para ilmuwan. Tujuannya antara lain untuk menggali potensi dan pemanfaatan alam sekitar guna kelangsungan hidup umat manusia. Penggalian potensi alam sekitar oleh beberapa manusia yang kemudian dimanfaatkan untuk umatnya telah membawa perubahan. Banyak perubahan yang diakibatkan oleh perkembangan ipteks.

Berikan analisis kritis Anda tentang perkembangan IPTEKS dalam bidang sosial budaya serta dampak positif dan negatif yang ditimbulkannya!

Berikan contoh kasusnya dari dampak positif dan negatif!

Tambahkan sumber referensinya!

 

 

PENDAPAT DISKUSI :

 

PERKEMBANGAN IPTEK DALAM BIDANG SOSIAL BUDAYA :

Pengertian dari IPTEK sendiri adalah sumber informasi yang mampu menambah wawasan dan kemampuan di bidang teknologi. Dimana, kemajuan IPTEK yang telah dicapai saat ini memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi kehidupan manusia.

 

Namun, sejalan dengan hukum alam setiap hal, suatu perubahan pasti akan membawa efek samping tertentu bagi setiap pihak yang terlibat dalam siklusnya. Nah, sebenarnya apa saja dampak positif maupun negatif dari pesatnya kemajuan IPTEK tersebut bagi negara Indonesia baik dari aspek politik, ekonomi, sosial budaya, maupun hukum.

 

Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan secara turun temurun, dari generasi ke generasi. Budaya sendiri terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni. Budaya dapat berwujud 3 hal; yaitu ide atau gagasan, tingkah laku atau tindakan, dan benda atau barang yang dihasilkan oleh manusia.

 

Secara keseluruhan, IPTEK sebenarnya bermanfaat bagi kita, hanya saja kita sebagai pengguna harus mampu mengatur dan membatasi diri sendiri sehingga kita tetap melestarikan budaya kita sendiri. Kita sebagai masyarakat harus selektif dan kritis terhadap perkembangan IPTEK yang makinpesat. 

 

Selainitu, diharapkan sebuah negara dalam ketahanan ekonominya tidak terlalu bergantung kepada badan-badan multilateral tetapi lebih memperkuat produksi domestik dengan menggunakan bahan baku dalam negeri dan berorientasi kepada rakyat.

 

PENGARUH POSITIF KEMAJUAN IPTEK DALAM ASPEK SOSIAL BUDAYA :

1. Dapat memperluas pengetahuan kita tentang budaya di luar negeri. 

2. Teknologi negara kita juga dapat semakin maju dan berkembang.

3. Negara-negara tetangga juga dapat mengenali budaya- budaya yang ada di Indonesia.

4. Munculnya internet dan gadget yang canggih telah mempermudah seseorang memperoleh informasi dari manapun dan kapan pun. Ini juga berperan dalam peningkatan efisiensi dalam aktifitas sehari-hari.

 

 

PENGARUH NEGATIF KEMAJUAN IPTEK DALAM ASPEK SOSIAL BUDAYA :

1. Budaya Indonesia dapat diklaim oleh negara lain. Contohnya adalah sudah beberapa kali negara Malaysia mengaku budaya yang adadi Indonesia sebagai milliknya.

2. Merubah budaya negara tersebut dan kehilangan jati diri budaya. Contoh konkretnya adalah banyak radio atau media lainnya yang lebihsering memutar lagu-lagu Barat daripada lagu dalam negeri, bahkan lagu tradisional.

3. Para generasi muda mulai tidak menyukai budaya dalam negeri, yang bisa berdampak punahnya budayasendiri.

4. Hilangnya semangat nasionalisme karena terus-menerus terpapar oleh budaya luar hingga tidak melestarikan budaya sendiri.

5. Dapat memunculkan sifat hedonisme maupun gaya hidup konsumtif dan individualisme. Hal ini tentu saja memicu adanya kesenjangan sosial jika seseorang tidak mampu menerima pengaruh IPTEK dengan baik.

6. Selain itu, ada kekhawatiran akan lunturnya nilai-nilai sosial dan keagamaan. Dimana kemajuan teknologi kadang bisa membuat seseorang melupakan hubungan dengan orang lain dan melanggar norma agama contohnya mencuri dengan cara hacking ke suatu lembaga keuangan dan sebagainya.

 

Sumber Menjawab :

- BMP MKDU4109; ILMU SOSIAL BUDAYA DASAR; Hertati Suandi; Universitas Terbuka; 2021