DISKUSI 2 TUTORIAL ONLINE TEORI ORGANISASI ( ADPU4341 )

 

DISKUSI 2 :

Diskusikan dengan teman teman sekelas Anda. Tutor akan memfasilitasi diskusi Anda.

1. Diskusikan metode pengukuran keefektifan organisasi . 

2. Amatilah sebuah organisasi yang Anda kenal, gunakan perspektif sistem untuk menganalisisnya!

Gambarkan mana inputnya, mana boundary spanning unit dan mana prosesnya, serta outputnya!

 

 

PENDAPAT DISKUSI :                                                  

1. Diskusikan metode pengukuran keefektifan organisasi . 

Dalam beberapa literatur disebutkan bahwa belum ada kesamaan pandangan tentang cara mengukur efektivitas organisasi, disebabkan mat banyak komponen yang dapat digunakan untuk mengukur kriteria efektivitas organisasi. John P. Campbell menuliskan ada 29 kriteria tentang keefektifitas organisasi.

Robins menyusun empat pendekatan yang dapat digunakan untuk mengukur efektivitas, namun yang dibahas hanya tiga pendekatan yaitu :

1. Pendekatan Pencpaian Tujuan (Goal Attainment Approach); pendektan ini menyatakan bahwa efektivitas organisasi ditentukan oleh keberhasilannya dalam mencapai tujuan. Ukurannya lebih kepada pencapaian tujuan atau hasil (ends) pada cara mencapai tujuan.

2. Pendekatan Sistem; Organisasi dipandang sebagai sebuah sistem yang memproses input untuk menghasilkan output.

3. Pendektan Konstituensi Strategis; Pendekatan ini sebenarnya sama dengan pendekatan sistem, yaitu memandang bahwa organisasi hidup ditengah-tengah lingkungan sehingga berhubungan baik dengan lingkungan akan berpengaruh terhadap keberlangsungan hidup organisasi.

 

Sementara itu Jones mengemukakan pendekatan lain mengukur efektifitas organisasi yaitu :

1. Pendekatan Sumber eksternal (external resource approuch); Mengevaluasi kemampuan organisasi dalam menjamin, mengatur, dan mengawasi keterampilan, serta sumber yang bernilai dan berharga.

2. Pendektan sistem internal (internal system approach); Mengevaluasi kemampuan organisasi dalam melakukan inovasi dan dapat menjalankan fungsinya secara cepat dan bertanggung jawab.

3. Pendektan Teknis (Technical approach); Mengevaluasi kemampuan organisasi dalam mengkonversi keterampilan dan sumber-sumber menjadi barang dan jasa secara efisien.

 

2. Amatilah sebuah organisasi yang Anda kenal, gunakan perspektif sistem untuk menganalisisnya!

Gambarkan mana inputnya, mana boundary spanning unit dan mana prosesnya, serta outputnya!

~ ORGANISASI PEMUDA ~

Organisasi Pemuda adalah Pilar Bangsa, Sebagai penerus generasi Bangsa Indonesia yang diprakarsai dan dikelola oleh kaum Pemuda Indonesia yang disebut dengan Karang Taruna. Adapun susunan organisasinya, adalah :

·        Input : Sumber Daya Manusia (Kaum Generasi Muda) Indonesia

·        Boundary Spanning Unit; Melaksanakan diskusi dan kegiatan bersama agar mencapai tujuan yamg diharapkan

·        Proses; Mengembangkan kegiatan-kegiatan denga berbagai inovasi agar menarik dan bermanfaat untuk masyarakat seperti membangun kerja sama para pemuda dengan PMI untuk pelaksanaan Donor Darah

·        Output; Membantu masyarakat dan kaum muda agar bisa lebih aktif untuk membangun dan mewujudkan Negara Indonesia menjadi lebih baik.