TUGAS 3 TUTORIAL ONLINE KEWIRAUSAHAAN (ADBI4440)

 


TUGAS 3 :

Anda diminta untuk membuat perencanaan bisnis (business plan) usaha baru.

Isinya antara lain:

  1. Latar Belakang
  2. Tujuan
  3. Keunggulan produk
  4. Analisis pasar
  5. Strategi promosi
  6. Penutup

Ketentuan:

  1. Diketik dalam file ms word
  2. Ukuran font 12, ketikan 1,5 spasi
  3. Ukuran kertas A4.
  4. Jumlah halaman: maskimal 7 halaman

 

 

PENYELESAIAN TUGAS 3 :

 

Terdapat pada lembaran kedua dan seterusnya ....

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

business plan

“CAKE PELANGI DADAR GULUNG”

 

1.        Latar Belakang

 

          Dengan dorongan pihak keluarga dalam memotivasi seorang anak untuk berwirausaha, merupakan salah satu pendukung utama yang dikatakan sebagai modal awal anak untuk membuka usaha. Terlebih, jika melihat keadaan perekonomian Indonesia saat ini, dimana masih banyak kalangan yang tidak memiliki pekerjaan dikarenakan lapangan pekerjaan yang masih kurang memadai. Jumlah lapangan pekerjaan tidak sebanding dengan jumlah penduduk yang setiap harinya kunjung bertambah. Oleh sebab itu, saat ini sangat dibutuhkan bibit-bibit seorang wirausahawan yang bisa menciptakan lapangan kerja untuk orang lain sehingga penggangguran di Indonesia pun bisa lambat laun berkurang.

 

          Peluang bisnis atau berwirausaha pada sektor makanan sangat terbuka lebar karena semua manusia pasti membutuhkan makanan. Pengusaha harus pandai dan kreatif dalam menciptakan suatu usaha dalam bidang makanan. Karena, pada era zaman sekarang, semakin kreatif seseorang membuat suatu usaha akan semakin menarik perhatian konsumen untuk mencoba kuliner tersebut.

 

          Dadar gulung merupakan salah satu makanan pengantar masyarakat Indonesia di pagi hari. Siapa yang tidak tahu kue sederhana dengan isian kelapa yang cocok ditemani dengan secangkir kopi hangat. Namun, pada saat ini kue dadar tersebut sudah mulai menghilang di muka bumi karena seiring banyak makanan yang menggantikan kue tersebut.

 

          Oleh karena itu, dengan adanya peluang yang menjanjikan ini maka saya berencana untuk merancang usaha kuliner “Pelangi Dadar Gulung” yang tentunya saya melakukan diferensiasi dalam bidang usaha ini agar para konsumen lebih tertarik untuk membeli produk saya. Pelangi Dadar gulung yang dimaksud disini ialah warna dari kulit lumpia itu yang menyerupai warna pelangi atau dapat request warna, seperti hijau, merah jambu, ungu, dan sebagainya. Pembuatan kue ini yang bersifat kreatif dilakukan dengan cara yang sangat sederhana, tetapi lebih higienis, serta akan dijual dengan harga yang sangat terjangkau, maka tentunya hal ini akan menarik minat masyarakat untuk membelinya.

 

 

2.       Tujuan

       Adapun tujuan dan manfaat untuk menyusun proposal bisnis ini adalah sebagai berikut:

1.    Menjadikan mahasiswa lebih kreatif dan inovatif tentang berwirausaha.

2.    Melatih mahasiswa agar dapat berwirausaha dengan baik.

3.    Untuk memenuhi tugas mata kuliah Kewirausahaan.

4.    Untuk menambah pengalaman dan pengetahuan tentang berwirausaha.

5.    Dapat belajar sendiri dan mangisi waktu luang dengan kegiatan yang bermanfaat dan berorientasi pada masa depan.

6.    Untuk selalu berpikir aktif, kreatif dan inovatif serta mengasah kemampuan mahasiswa dalam berbisnis sehingga memunculkan banyak ide-ide baru yang dapat menjadi peluang usaha yang menguntungkan.

7.    Untuk membantu berfikir kritis dan objektif atas bidang usaha yang dijalankan

 

3.       Keunggulan produk

          Kualitas produk yang kami berikan sangatlah berkualitas karena bahan-bahan yang digunakan merupakan bahan-bahan alami tanpa mengandung pengawet apapun.

 

4.       Analisis pasar

4.1. Gambaran Umum Pasar dan Sasaran

          Usaha penjualan pelangi dadar gulung ini merupakan usaha kecil yang dijalankan dari awal dengan membuka satu outlet yang berlokasi di rumah pemilik. Jika usaha ini berhasil atau sukses dan dapat mencapai tujuan yang diharapkan, maka pemilik akan memperbesar usaha ini dengan membuka cabang-cabang.

4.2.  Jenis Produk yang Dipasarkan

          Produk yang saya pasarkan merupakan dadar gulung dengan berbagai varian rasa dan isi yang mempunyai tampilan yang unik yaitu warna – warni dan juga memiliki kandungan yang bergizi.

4.3.  Target Pasar

          Produk dadar gulung bisa dinikmati oleh berbagai kalangan mulai dari anak sekolah, mahasiswa, pegawai kantoran, ibu rumah tangga, sampai dengan lansia sekalipun dapat menikmati produk ini karena menggunakan bahan-bahan yang alami dan berkualitas.

4.4. Pesaing

          Untuk saat ini kami mempunyai beberapa pesaing. Seperti pedagang kue keliling dan dadar gulung yang dititipkan di beberapa warung. Walaupun dadar gulung sudah sedikit demi sedikit menghilang saat ini. Namun, pengaruh pesaing terhadap penjualan dadar gulung sedikit berpengaruh karena para pesaing sudah terlebih dahulu berjualan dadar gulung dan juga tempat berjualannya yang cukup strategis sehingga banyak orang yang melakukan aktivitas disekitar ditempat tersebut dan sering membeli dadar gulung di sana

 

5.       Strategi promosi

          Promosi yang akan kami lakukan dengan menyebarkan brosur tempattempat ramai dan menyebarkannya di sosial media seperti Blogger, Facebook, Twitter, BBM, dan lain-lain. Pada bulan-bulan pertama kami juga akan memberikan diskon maupun potongan harga kepada para konsumen, agar para konsumen tertarik terhadap produk kami dan dapat berkunjung kembali.

 

6.       Penutup

6.1. Kesimpulan

          Dengan melihat peluang yang ada di pasaran, dimana kue dadar gulung ini sudah mulai hilang perlahan-lahan, saya berinovasi untuk membuat jajanan sederhana khas Indonesia ini bisa dapat terus berkembang di pasaran. Usaha Pelangi dadar gulung ini cukup menjanjikan selain dikarenakan peluang pasar yang ada, penjual dadar gulung belum ada yang berinovasi membuat tampilan dadar gulung ini semakin menarik dengan rasa yang lezat sesuai dengan trend zaman sekarang. Diharapkan bisnis ini bisa bersaing dengan makanan lain dan menjadi suatu trend yang dapat booming di masyarakat, selain terjangkau harga produknya serta menjadi makanan yang sehat dan unik bagi masyarakat.

6.2. Saran

          Dari proposal bisnis ini diharapkan usaha ini dapat berjalan lancar, sesuai yang diharapkan dan banyak diminati konsumen. Saran dari saya yaitu dalam berbisnis apapun yang kit miliki harus dapat mempunyai sikap kreatifitas dan inovasi yang tinggi, sehingga para konsumen tidak bosan atau jenuh untuk memakan atau memakai produk yang kita buat. Karena untuk zaman sekarang, jikalau kita tidak berkreasi seunik mungkin, kita dapat terkalahkan oleh para pesaing yang sebenarnya setara kemampuannya dengan diri kita. Dalam berbisnis pembuatan dadar gulung ini kita harus mempunyai konsep untuk menarik para konsumen, sehingga banyak konsumen yang mau membeli produk kita, kita juga harus memperhatikan minat masyarakat untuk pengembangan produk kita, dan juga kita harus mengingat bahwa pembeli adalah raja sehingga kita harus ramah pada setiap konsumen atau pembeli. Oleh karena itu, cerdik diperlukan dalam berwirausaha, dimana kita pintar pencari peluang yang  menguntungkan di pasaran sehingga apa yang kita jual dapat menjadi suatu hal yang disukai masyarakat