DISKUSI 8 TUTORIAL ONLINE METODE PENELITIAN SOSIAL (ISIP4216)

 

DISKUSI 8 :

Forum ini membahas Interpretasi Data

1.         Setelah data diolah maka tahapan selanjutnya ialah interpretasi dan analisis data. Silahkan diskusikan perbedaan antara interpretasi dan analisis data

2.        Kemudian lakukan analisis data penelitian anda yang telah anda olah (analisi kuantitatif atau analisis kualitatif)

 

PENDAPAT DISKUSI :

1.    Setelah data diolah maka tahapan selanjutnya ialah interpretasi dan analisis data. Silahkan diskusikan perbedaan antara interpretasi dan analisis data

Interpretasi data merupakan kegiatan yang dilakukan peneliti untuk membahasakan data. Dengan kata lain, data-data yang tersedia yang umumnya dalam bentuk angka-angka, diartikan atau diterjemahkan oleh peneliti. Dengan demikian, sekalipun ada orang yang tidak memahami statistik misalnya, orang itu tetap dapat mengerti data yang ada, karena sudah diinterpretasikan oleh peneliti.

Analisa data merupakan usaha peneliti untuk menarik simpulan dari data yang ada. Dalam analisis data biasanya peneliti mencoba mencari keterkaitan antara data yang ada dengan teori yang digunakan, dan dengan analisis peneliti dari hasil pengamatan selama peneliti melakukan pengumpulan data di lapangan.

Dengan melakukan Interpretasi dan Analisis data, maka peneliti sesungguhnya telah melakukan pembuatan laporan penelitian. Tentu saja laporan penelitian tidak hanya berisi tentang interpretasi peneliti, tetapi lebih jauh dari itu. Namun boleh saja dikatakan bahwa interpretasi dan analisis data ini merupakan jiwa dari laporan penelitian. Proses Interpretasi dan analisis data ini merupakan tahapan yang penting. Percuma saja jika peneliti telah membuat perencanaan yang matang, melakukan pengumpulan data dengan baik, serta mengolah data dengan benar, namun peneliti tidak melakukan analisis data dengan baik.

Interpretasi dan Analisis data kuantitatif bisa dilakukan terhadap tabel dan juga grafik. Pada dasarnya tidak ada perbedaan yang signifikan antara menginterpretasikan tabel dan grafik. Analisis yang dilakukan bisa berbentuk analisis univariat, analisis bivariat, serta analisis multivariat. Dalam analisis bivariat menampilkan hasil perhitungan dengan menggunakan uji statistik. Untuk bisa melakukan analisis perlu pengetahuan yang mendalam tentang statistik. Demikian pula halnya dalam analisis multivariat, selain menggunakan persentase dalam tabel, juga bisa menganalisis dengan menggunakan uji statistik. Dalam analisis multivariat, juga bisa melihat pola elaborasi yang bisa berbentuk reflikasi, spesifikasi, interpretasi, eksplanasi dan suppressor.

 

2.    Kemudian lakukan analisis data penelitian anda yang telah anda olah (analisi kuantitatif atau analisis kualitatif)

Peneliti akan menggunakan analisis kuantitatif dengan bentuk analisis bivariat. Analisis bivariat, merupakan analisis mengenai hubungan antara dua variabel. Hubungan antara dua variabel ini  bisa digambarkan dengan menggunakan tabel silang. Dalam membuat tabel silang ini peneliti harus mengetahui bagaimana arah hubungan yang ada dalam bivariat tersebut. Hubungan yang ada bisa berbentuk asimetris atau simetris. Hubungan ini perlu diketahui peneliti untuk menghitung persentase yang ada dalam bivariat tersebut. Dalam perhitungan persentase kita kenal dengan persentase baris, persentase kolom, dan persentase total. Penentuan penggunaan perhitungan persentase didasarkan pada keberadaan variabel bebas. Sedangkan interpretasinya didasarkan pada keberadaan variabel terikat. Secara skematis dapat digambarkan dengan pola berikut :



Dalam hal ini, Peneliti memilih topik penelitian tentang “Hubungan antara jenis kelamin dengan kesesuaian kompetensi dengan jaman dengan perhitungan persen baris. Dalam contoh dianggap jenis kelamin memiliki pengaruh terhadap pendapat responden.

 



Perhatikan tabel bivariat diatas, perhitungan persentase dilakukan secara horizontal, sehingga untuk sel laki-laki dan sudah sesuai perhitungan persentasenya 87 dibagi 101.

 

 

 

 

Sumber Menjawab :

 

- Metode Penelitian Sosial ; Lilik Aslichati, H.I.Bambang Prasetyo, Prasetya Irawan; ISIP4216; Universitas Terbuka; Edisi Kedua

- Materi Inisiasi 7 Tutorial Online Universitas Terbuka.

- https://mamikos.com/info/tahapan-pengolahan-data-penelitian-pljr/