DISKUSI 7 TUTORIAL ONLINE METODE PENELITIAN SOSIAL (ISIP4216)

 


DISKUSI 7 :

Forum ini membahas Pengelolaan Data

  1. Tahapan setelah mengumpulkan data adalah mengelola data. Data yang terkumpul adalah data yang berupa jawaban responden. Jawaban-jawaban inilah selanjutnya akan diubah dalam bentuk  kode-kode beupa angka. Dalam penelitia kuantitatif, kode selalu berupa angka dan pada penelitian kualitatif kode bisa berupa angka maupun berbentuk kata-kata. Silahkan diskusikan proses memindahkan data penelitian anda menjadi kode-kode

 

PENDAPAT DISKUSI :

 

PENELITIAN KUANTITATIF

 

Proses pemindahan data pada Penelitian Kuantitatif menjadi kode-kode melalui beberapa langkah sebagai berikut :

 

1. Data Coding (Pemberian Kode Terhadap Data)

 

Peneliti menyusun secara sistematis data mentah (jawaban yang ada dalam kuesioner) kedalam bentuk yang bisa dibaca oleh Program SPSS (dalam bentuk angka), contohnya :

 

2. Data Entry

 

Dalam langkah ini peneliti memindahkan data yang telah diubah menjadi kode-kode berupa angka sesuai dengan yang ada didalam buku kode ke dalam Program SPSS.

 

3. Data Cleaning

 

Peneliti harus memastikan bahwa data yang sudah di entry ke dalam Program SPSS merupakan data sebenarnya. Dalam hal ini perlu adanya ketelitian dan akurasi data. Untuk melakukan data cleaning, peneliti bisa melihat possible code cleaning dan contingency code cleaning. Possible code cleaning adalah upaya peneliti untuk membersihkan data dari berbagai angka yang tidak mungkin ada di dalam program. Contingency Code Cleaning adalah upaya peneliti untuk melihat kembali antara satu variable dengan variable lain.

 

4. Data Output

 

Peneliti bisa mengeluarkan hasil olahan data. Peneliti harus sudah yakin bahwa data yang ada sudah benar-benar bersih. Data yang sudah diolah bisa disajikan dengan menggunakan tabel frekuensi dan bisa juga dengan menggunakan grafik atau diagram.

 

 

 

 

PENELITIAN KUALITATIF

 

Didalam Penelitian Kualitatif, Tahapan pengolahan data bisa dilakukan berbarengan dengan tahap pengumpulan data, Hal ini bahkan sangat dianjurkan. Dengan dilakukannya tahap pengolahan data dan pengumpulan data (biasanya disertai juga dengan tahap menganalisa data) maka peneliti bisa mengetahui informasi apa saja yang sebaiknya lebih di fokuskan, informasi yang dirasa sudah cukup, dan informasi yang bisa dikembangkan lebih luas lagi.

 

Pengolahan data kualitatif didasarkan pada catatan lapangan yang sudah dibuat oleh peneliti saat mengumpulkan data. Seperti halnya pengolahan data pada penelitian kuantitatif, maka pada penelitian kualitatif peneliti juga melakukan proses pemberian kode-kode. Proses pengkodean tentu tidak serumit dengan penelitian kuantitatif yang melalui proses seperti membuat buku kode dan mengentry data.

 

Proses pemberian kode terhadap catatan lapangan bisa dilakukan dengan melakukan kategorisasi data. Peneliti juga bisa membedakannya kedalam bentuk-bentuk pengamatan yang ada, yaitu pengamatan berstruktur dan pengamatan tidak berstruktur. Proses mengkode data juga bisa dengan membuat sebuah matriks. Kotak-kotak yang membuat garis diagonal dari sudut kiri atas ke sudut kanan bawah menunjukkan deskripsi yang baik tentang unsur-unsur gejala yang diamati. Kotak lainnya menggambarkan keterkaitan antara unsur-unsur yang ada.

 

 

 

 

 

Sumber Menjawab :

 

- Metode Penelitian Sosial ; Lilik Aslichati, H.I.Bambang Prasetyo, Prasetya Irawan; ISIP4216; Universitas Terbuka; Edisi Kedua

- Materi Inisiasi 7 Tutorial Online Universitas Terbuka.

- https://mamikos.com/info/tahapan-pengolahan-data-penelitian-pljr/