DISKUSI 8 TUTORIAL ONLINE AKUNTANSI MANAJEMEN (EKMA4314)

 

DISKUSI 8 :

Berkenaan dengan wewenang ada 2 jenis pengelolaan wewenang. Sentralisasi dan Desentralisasi. Apa yang saudara ketahui mengenai desentralisasi? Jelaskan menurut pemahaman saudara mengenai desentralisasi yang sudah saudara pelajari di modul 9 dan berikanlah contohnya disekitar tempat tinggal saudara yang saudara ketahui!


PENDAPAT DISKUSI :

Apa itu desentralisasi?  Pada dasarnya, desentralisasi memiliki arti yang berbeda-beda, tergantung pada fokus apa yang sedang dibahas.  Misalnya saja dalam organisasi, desentralisasi adalah bentuk spesifik dari struktur organisasi di mana manajemen tertinggi mendelegasikan tanggung jawab pengambilan keputusan kepada pihak di bawahnya. Dalam dunia bisnis, desentralisasi sangat dibutuhkan untuk membangun sistem yang lebih efisien.

 

Kelebihan Desentralisasi

Dalam organisasi, desentralisasi dilakukan dengan mendelegasikan tanggung jawab dan pengambilan keputusan kepada beberapa orang dan tidak berfokus kepada satu orang saja. Pada dasarnya, salah satu kelebihan utama dari desentralisasi adalah untuk membuat sistem yang lebih efisien. Selain itu, beberapa kelebihan lainnya dari desentralisasi adalah sebagai berikut :

- Bisa membantu organisasi tumbuh secara keseluruhan.

- Mendorong akuntabilitas dan transparansi.

- Mengembangkan lebih banyak pemimpin.

- Melahirkan inovasi dan fleksibilitas.

- Komunikasi yang lebih efisien.

- Pengambilan keputusan cepat.

- Kemudahan ekspansi

- Pengawasan serta kontrol yang lebih baik.

 

Kelemahan Desentralisasi

Meskipun terlihat membawa banyak dampak positif, terdapat beberapa kekurangan dari sistem desentralisasi dalam suatu organisasi, yaitu:

- Kesulitan koordinasi organisasi secara keseluruhan

- Tidak ideal bagi organisasi yang baru berdiri

- Menimbulkan potensi persaingan yang tidak sehat

- Kemungkinan terjadinya tumpang-tindih pengambilan keputusan dan tanggung jawab

 

Contoh Desentralisasi

Beberapa contoh desentralisasi dalam aspek kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut :

Desentralisasi Politik

Desentralisasi politik membutuhkan reformasi konstitusi atau Undang-Undang, pengembangan partai politik, pembentukan unit politik lokal, hingga dorongan dari kelompok kepentingan publik yang efektif.

Salah satu contoh nyata dari desentralisasi politik yaitu penyerahan beberapa tugas dari lembaga teratas ke lembaga di bawahnya, contohnya pemerintah daerah yang membantu tugas pemerintah pusat agar pekerjaan lebih efisien dengan cakupan yang lebih meluas.

 

Desentralisasi Fiskal

Desentralisasi fiskal merupakan salah satu fungsi desentralisasi di bidang keuangan. Apabila pemerintah maupun perusahaan swasta ingin menjalankan fungsi desentralisasi secara efektif, maka mereka perlu memiliki wewenang yang cukup untuk pengambilan keputusan pengeluaran entitas bersangkutan.

Salah satu contoh desentralisasi fiskal adalah pembagian kewenangan pemungutan pajak maupun belanja pelayanan publik dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah.

 

 

Sumber Menjawab :

- Akutansi Manajemen ; I Made Narsa; EKMA4314; Universitas Terbuka; Edisi Keempat

- Materi Inisiasi 8 Tutorial Online Akutansi Manajemen Universitas Terbuka.

- https://www.online-pajak.com/tentang-pajak/asas-desentralisasi