DISKUSI 5 TUTORIAL ONLINE KEWIRAUSAHAAN (ADBI4440)

 

DISKUSI 5 :

 

Adanya globalisasi, memungkinkan perusahaan dalam negeri melakukan kerjasama bisnis tidak hanya dengan pihak di dalam negeri tetapi juga dengan pihak asing dari luar negeri. Sebagai contoh dua perusahaan yakni PT Indofood Sukses Makmur Tbk (Indofood) dan Nestle S.A. (Nestle), membentuk perusahaan patungan, yaitu PT Nestle Indofood Citarasa Indonesia.

 

Coba Anda jelaskan apa alasan mereka membentuk perusahaan patungan, sementara mereka sudah mempunyai pasar yang luas.

 

PENDAPAT DISKUSI :

 

Apa yang dilakukan oleh PT Indofood Sukses Makmur Tbk (Indofood) dan Nestle S.A. (Nestle), membentuk perusahaan patungan yaitu PT Nestle Indofood Citarasa Indonesia adalah persekutuan bisnis yang dinamakan Joint Venture.

 

Joint Venture (JV) adalah perjanjian bisnis di mana dua pihak atau lebih bergabung untuk mengumpulkan sumber daya, keahlian, dan modal untuk mencapai tujuan bersama. Dalam usaha patungan, setiap peserta berkontribusi pada usaha dan berbagi keuntungan dan kerugian.

 

Usaha patungan atau joint venture sering kali dibentuk ketika dua atau lebih perusahaan ingin berkolaborasi dalam sebuah proyek, memasuki pasar baru, atau berbagi pengetahuan dan teknologi. Usaha patungan biasanya diatur oleh perjanjian formal yang menguraikan tanggung jawab masing-masing pihak, pembagian keuntungan dan kerugian, dan durasi usaha.

 

Usaha patungan dapat bersifat sementara atau jangka panjang dan dapat mengambil berbagai bentuk, termasuk badan hukum yang terpisah, perjanjian kontrak, atau kemitraan.

 

Ada beberapa alasan dan keuntungan dari usaha patungan yang terbentuk, antara lain adalah sebagi berikut :

 

Sumber Daya Bersama

Usaha patungan memungkinkan perusahaan untuk menggabungkan sumber daya, pengetahuan, dan keahlian mereka untuk mencapai tujuan bersama. Dengan bermitra dengan perusahaan lain, setiap pihak dapat memanfaatkan kekuatan masing-masing dan mengurangi risiko yang terkait dengan pengejaran proyek baru atau memasuki pasar baru.

 

Mengurangi Biaya & Meningkatkan Efisiensi

Usaha patungan dapat menghasilkan penghematan biaya melalui skala ekonomi, sumber daya bersama, dan kemampuan untuk mengurangi risiko. Dengan bekerja sama, perusahaan juga dapat menyederhanakan operasi dan meningkatkan efisiensi.

 

Akses ke Pasar Baru

Usaha patungan dapat memberi perusahaan akses ke pasar, pelanggan, dan saluran distribusi baru. Dengan bermitra dengan perusahaan lokal, misalnya, perusahaan asing dapat memperoleh akses ke pasar lokal dan mendapat manfaat dari pengetahuan mitra tentang peraturan lokal dan preferensi konsumen.

 

Berbagi Risiko

Joint venture memungkinkan perusahaan untuk berbagi risiko yang terkait dengan proyek atau investasi baru. Dengan membagi risiko di antara beberapa pihak, eksposur masing-masing perusahaan akan berkurang.

 

Peningkatan Daya Saing

Usaha patungan dapat meningkatkan daya saing perusahaan dengan menggabungkan kekuatannya dengan perusahaan lain. Dengan bekerja sama, perusahaan dapat menciptakan produk atau layanan baru, meningkatkan produk atau layanan yang sudah ada, atau memasuki pasar baru.

 

 

 

Sumber Menjawab :

 

- Kewirausahaan ; Sam’un Jaja Raharja, Ratih Purbasari; ADBI4440; Universitas Terbuka; Edisi Kedua

- Materi Inisiasi 5 Tutorial Online Kewirausahaan Universitas Terbuka

- https://dailysocial.id/post/joint-venture-adalah