DISKUSI 4 TUTORIAL ONLINE KEWIRAUSAHAAN (ADBI4440)

 


DISKUSI 4 :

Bu Ditha setelah pensiun dari pekerjaannya ingin tetap berkarya dengan merintis usaha bidang kuliner, karena waktu muda sering membantu orang tuanya yang mempunyai usaha catering.

Anda sebagai mahasiswa yang sedang mempelajari matakuliah Kewirausahaan diminta memberikan masukan, hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan Bu Ditha dalam merintis usaha kuliner tersebut. Silakan diskusikan dengan teman Anda.

Selamat berdiskusi

 

PENDAPAT DISKUSI :

Bicara mengenai usaha kuliner tentu menjadi sebuah pembahasan yang menarik untuk diulas. Pasalnya, dunia kuliner yang erat hubungannya dengan kebutuhan manusia akan makanan tentu menjadi sebuah peluang bisnis yang tidak pernah mati.

Akan tetapi, menghadapi persaingan pasar dan tren makanan yang terus berkembang, terlebih muncul banyaknya inovasi makanan, tentu menjadi hal yang perlu diperhatikan dalam membangun bisnis kuliner. Oleh karena itu, sebelum membuka bisnis di bidang kuliner, perlu untuk mengetahui serta memahami langkah-langkahnya. Adapun tips membuka bisnis kuliner, yakni:

1. Siapkan Produk Andalan

Bagian ini menjadi penting dalam membangun bisnis kuliner. Dari banyaknya ragam makanan dan minuman yang ada, perlu untuk menyiapkan fokus produk yang akan dijual. Sebagai pintu untuk menemukan ide produk tersebut, perlu dilakukan riset untuk mengetahui selera pasar.

2. Food Testing

Nah, setelah menentukan produk apa yang akan dijual, tentunya kita perlu untuk melakukan food testingFood testing ini dilakukan kepada sejumlah orang setelah menemukan formula dari resep produk yang akan dijual. Hal itu dapat bermanfaat untuk menemukan formula resep yang tepat serta selera pasar.

3. Buat Rencana Promosi

Hal paling mendasar yang dapat menarik pelanggan adalah dengan melakukan promosi. Akan tetapi, membuat promosi perlu adanya perencanaan yang matang agar bisnis yang baru mulai dikembangkan tersebut tidak mengalami kerugian.

4. Siapkan Modal

Layaknya membangun sebuah bisnis, tentu diperlukan modal. Oleh karena itu, perlu disiapkan modal untuk mengembangkan bisnis kuliner. Terlebih, dalam menjalankan bisnis kuliner diperlukan modal yang akan digunakan untuk membeli berbagai bahan dasar yang akan diolah menjadi produk makanan atau minuman yang akan dijual.

5. Lokasi Strategis

Bagi yang ingin membuka outlet dalam bisnis kulinernya, tentu lokasi ini menjadi hal yang juga sangat berpengaruh. Memilih lokasi yang strategis akan dapat membantu bisnis kuliner yang baru dikembangkan itu dikenal masyarakat, dan berpotensi mengundang pelanggan yang lebih banyak.

 

Selain memikirkan lima hal yang telah dijabarkan, perlu diperhatikan juga membuat perencanaan bisnis yang matang hingga manajemen bisnis yang tepat untuk menghindari kerugian atau bahkan gulung tikar.

 

Sumber Menjawab :

- Kewirausahaan ; Sam’un Jaja Raharja, Ratih Purbasari; ADBI4440; Universitas Terbuka; Edisi Kedua

- Materi Inisiasi 4 Tutorial Online Kewirausahaan Universitas Terbuka

https://vokasi.kemdikbud.go.id/read/b/ini-dia-tips-membuka-usaha-kuliner