DISKUSI 4 TUTORIAL ONLINE METODE PENELITIAN SOSIAL (ISIP4216)

 


DISKUSI 4 :

Forum ini membahas Desain Penelitian

  1. Variabel-variabel penelitian yang sudah diidentifikasi perlu diklarifikasi, dan ada beberapa cara untuk mengklarifikasi variabel, antara lain Klasifikasi variabel berdasarkan jenis data, berdasarkan fungsinya dalam penelitian, berdasarkan posisi variabel dalam penelitian, berdasarkan nilai yang dilekatkan pada viabel. Silahkan diskusikan cara untuk klasifikasi variabel yang anda pilih dalam penelitian
  2. Setelah klasifikasi variebel-variabel penelitian, silahkan diskusikan untuk menyusun desain penelitian yang tepat untuk mencari jawaban atau menentukan pemecahan masalah yang sedang anda teliti.

 

PENDAPAT DISKUSI :

Soal Diskusi 1 :

Mengklasifikasikan Variabel

 

Variabel-variabel yang telah didentifikasi perlu diklasifikasikan sesuai dengan jenis dan perannya dalam suatu penelitian. Klasifikasi ini sangat perlu untuk menentukan alat pengambildata dan analisis statistik yang sesuai untuk diterapkan. variabel kalau dilihat dari segi tersebut akan dibedakan menjadi: (a) variabel nominal, (b) variabel ordinal, (c) variabel interval, dan (d) variabel rasio. Dari empat variabel dipilih untuk menjawab pertanyaan diskusi ini hanya dua variabel yaitu Variabel Nominal dan Varibel Orinal.

 

a. Variabel Nominal :

Variabel yang ditetapkan berdasar atas proses penggolongan. Nilaivariabel ini bersifat deskrit dan saling pilah antara kategori yang satu dengan kategori yang lai. Misalnya; Jenis kelamin (memilahkan kedalam pria dan wanita), Jenis Pekerjaan (memilahkan ke PNS dan Swasta), dan Status Perkawinan (memilahkan ke kawin dan tidak kawin)

 

 

b. Variabel Ordinal :

Variabel yang disusun berdasarkan atas jenjang dalam atribut tertentu. Dengan demikian ada dua sifat yang melekat pada variabel ini, yaitu : (1) Adanya penggolongan, dan (2) Adanya Urutan (rangking), Misalnya golongan PNS (memilahkan ke dalam golongan I, golongan II, golongan III, dan golongan IV), tingkat pendidikan (memilahkan ke dalam tidak sekolah, tamatan SD, tamatan SLTP, tamatan SLTA, dan tamatan Perguruan Tinggi), dan rangking mahasiswa dalam suatu mata kuliah (yang memilahkan menjadi rangking tinggi, sedang, dan rendah). Semua pemilahan yang disebutkan itumengandung makna urutan.

 

 

 

Soal Diskusi 2 :

Kerangka atau perincian prosedur kerja yang akan dilakukan pada waktu memeeliti,sehingga diharapkan dapat memberikan gambaran dan arah mana yang akan dilakukandalam melaksanakan penetian tersebut, serta memberikan gambaran jika peneletian itutelah jadi atau selesai penelitian tersebut diberlakukan.

1. Identifikasi dan pemilihan masalah 

2. Memformulasikan masalah penelitian danmembuat hipotesis 

3. Membangun penyelidikan dan percobaan 

4. Memilih danmendefinisikan pengukuran variabel 

5. Memilih prosedur dan teknik sampling yangdigunakan

6. Menyusun alat serta teknik untuk mengumpulkan data

7. Membuat coding,serta mengadakan editing dan processing dat

8. Menganalisa data dan pemilihan prosedur statistik

9. Penelitian laporan hasil penelitian

 

Dalam menentukan desain penelitian, perlu selalu diingat bahwa seluruh komponen penelitian harus terjalin secara rapih dan tertib. Pada umumnya, desain penelitian sekaligus juga merupakan desain analisis data.

 

 

 

Sumber Menjawab :

 

- Metode Penelitian Sosial ; Lilik Aslichati, H.I.Bambang Prasetyo, Prasetya Irawan; ISIP4216; Universitas Terbuka; Edisi Kedua

- Materi Inisiasi 4 Tutorial Online Universitas Terbuka.

- http://repository.upi.edu/21927/6/S_ADP_1100262_Chapter3.pdf