DISKUSI 7 TUTORIAL ONLINE AKUNTANSI MANAJEMEN (EKMA4314)

 

DISKUSI 7 :

Diskusikan kasus/soal dibawah ini! Dalam menjawab diskusi pastikan menggunakan referensi dan menggunakan kalimat yang saudara susun sendiri dan hindari tindakan plagiasi apapun bentuknya (misalnya copy paste dr internet, penggunaan ChatGPT dan sejenisnya). Terima Kasih.

Dalam menyusun sebuah standar manajer harus membuat dua keputusan  yaitu kepputusan kuantitas dan keputusan harga. Untuk membuat keputusan kuantitas seorang manajer haru memeprtimbangkan banyak hal. Hal apa saja yang sekiranya dapat dijadikan pertimbangan manajer dalam membuat keputusan kuantitas?

 

PENDAPAT DISKUSI :

Tiga hal yang menjadi pertimbangan manajer dalam membuat keputusan kuantitas adalah sebagai berikut:

1)  Pengalaman masa lalu yang dapat dipergunakan untuk penetapan awal. Namun, harus Digunakan secara hati-hati karena bisa saja sebelumnya terjadi inefisiensi.

2)  Studi-studi rekayasa yang dilakukan oleh Departemen Penelitian dan Pengembangan. Studi ini dapat mengidentifikasi dengan jelas mengenai berbagai ketidakefisienan sehingga bisa menjadi pedoman yang sangat baik.  Namun, standar yang ditetapkan oleh bagian rekayasa produk acapkali sangat ketat.

3)  Manajer operasional yang mengetahui dengan baik proses produksi sehingga mengetahui jumlah kuantitas bahan yang dibutuhkan untuk setiap unit output.

 

Sumber Menjawab :

- BMP EKMA4314/Akuntansi Manajemen/Modul 7/Hal 7.3 s.d 7.6

- Materi Inisiasi 6 dan 7 Tutorial Online Akutansi Manajemen Universitas Terbuka.