DISKUSI 7 TUTORIAL ONLINE UANG DAN PERBANKAN (ADBI4331)

 

DISKUSI 7 :

Manajemen Dana Bank Umum

Manajemen dana bank adalah proses pengelolaan dalam penghimpunan dana-dana masyarakat ke dalam bank, dan pengalokasian dana-dana tersebut bagi kepentingan bank dan masyarakat pada umumnya, serta pemupukannya secara optimal melalui penggerakan semua sumber daya yang tersedia demi mencapai tingkat rentabilitas yang memadai sesuai dengan batas ketentuan peraturan yang berlaku. Jelaslam dari mana saja sumber dana dari bank umum?

 

PENDAPAT DISKUSI :

Salah satu kendala bagi setiap perusahaan dalam menjalankan kegiatannya adalah masalah kebutuhan dana. Hampir seratus persen perusahaan memerlukan dana untuk kegiatan usahanya. Pentingya dana membuat setiap perusahaan berusaha keras untuk mencari sumber-sumber dana yang tersedia, termasuk perusahaan lembaga keuangan seperti bank.

Sumber dana bank adalah usaha bank dalam memperoleh dana dalam rangka membiayai kegiatan operasinya. Sesuai dengan fungsi bank sebagai lembaga keuangan yang dengan kegiatan sehari-harinya adalah bergerak di bidang keuangan, sumber-sumber keuangan juga tidak terlepas dari bidang keuangan. Untuk menopang kegiatan bank sebagai penyalur dana, bank harus terlebih dahulu menghimpun dana sehingga dari selisih tersebutlah bank memperoleh keuntungan.

Dana untuk membiayai operasi suatu bank, dapat diperoleh dari berbagai sumber. Perolehan dana ini tergantung dari bank itu sendiri apakah dari masyarakat atau dari lembaga lainnya. Disamping itu untuk membiayai operasinya, dana dapat diperoleh dengan modal sendiri, yaitu setoran modal dari para pemilik, atau bank mengeluarkan atau menjual saham baru.

Sumber dana Bank Umum merupakan total rupiah dari semua dana yang terhimpun oleh bank, dimana perolehan dana ini dapat berasal dari bank itu sendiri (berupa setoran modal pemilik saham dan laba ditahan), atau dari masyarakat ( berupa tabungan, giro, deposito ) atau dari lembaga lainnya.

 

 

Sumber Menjawab :

- Uang dan Perbankan; Suryanto; ADBI4331; Universitas Terbuka; Cetakan Kedua Mei 2023.

- https://www.idntimes.com/business/finance/ainal-zahra-1/ternyata-ini-5-sumber-dana-bank-hingga-bisa-sedia-banyak-uang-tunai