DISKUSI 7 TUTORIAL ONLINE KEWIRAUSAHAAN (ADBI4440)

 


DISKUSI 7 :

 

Suatu perusahaan makanan ayam yang baru saja didirikan, akan melakukan kegiatan pemasaran. Supaya kegiatan pemasarannya efektif, maka perlu direncanakan secara benar.

Apabila Anda diminta memberikan masukan, kegiatan apa saja yang perlu dilakukan sebelum melakukan kegiatan pemasaran.

 

PENDAPAT DISKUSI :

 

Agar kegiatan pemasaran dapat berjalan dengan lancar, baik, dan sukses, maka diperlukan perencanaan strategi yang tepat. Di dalam penyusunan strategi pemasaran, perlu melalui beberapa tahapan sebagai berikut :

 

1. Menentukan Target Pasar

 

Demi mendapatkan penjualan yang tinggi, maka tidak jarang para pebisnis yang langsung melakukan kegiatan pemasaran kepada semua orang tanpa adanya target pasar yang spesifik. Tidak heran jika kegiatan pemasaran yang berlangsung menjadi gagal.

 

Sangat perlu menentukan target pasar secara spesifik. Sesuaikanlah target pasar dengan bidang penjualan pakan ternak yangg akan dijalankan, maka target pasarnya adalah peternak ayam.

 

Lakukan research secara mendalam untuk mencari tahu segmentasi demografis, geografis, dan psikografi bisnis pakan ternak ini. Hasil research tersebut akan membantu untuk dapat menentukan target pasar yang tepat.

 

2. Melakukan Analisis SWOT

 

SWOT merupakan kepanjangan dari Strengths (kekuatan), Weaknesses (kelemahan), Opportunities (kesempatan), dan Threats (ancaman). Analisis SWOT digunakan untuk mengidentifikasi bisnis pakan ternak yang akan dijalankan  ke dalam 4 hal tersebut.

 

Setelah mengetahui apa yang menjadi kekuatan dan peluang dari bisnis pakan ternak ini, tonjolkan kedua hal tersebut menjadi keunggulan bisnis untuk menarik perhatian customer. Sedangkan kelemahan dan ancaman dapat menjadi tantangan untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih baik lagi.

 

3. Menentukan Tujuan dari Kegiatan Pemasaran

 

Kegiatan pemasaran memiliki berbagai macam tujuan. Tujuan tersebut tidak hanya untuk menaikkan penjualan saja. Tetapi dapat menerapkan kegiatan pemasaran untuk meningkatkan brand awareness atau bahkan sekadar menjaga hubungan dengan customer.

 

Maka perlu menentukan tujuan dari kegiatan pemasaran secara rinci dan jelas. Biasanya, banyak perusahaan besar yang menggunakan metode SMART (Specific, Measurable, Achievable, Relevant, dan Time-Bound). Metode ini dapat membantu dalam menentukan tujuan yang realistis dan dapat diukur.

 

4. Menyusun Strategi Pemasaran

 

Akhirnya, kita masuk ke dalam tahapan penyusunan strategi pemasaran. Hanya perlu menggabungkan seluruh informasi yang didapat untuk kemudian diolah menjadi strategi pemasaran yang tepat.

 

Ajaklah anggota tim kamu untuk berdiskusi bersama dalam menyusun perencanaan strategi pemasaran. Strategi pemasaran haruslah kreatif dan mampu menarik perhatian banyak orang untuk mengenal brand atau bahkan melakukan pembelian produk pakan ternak yang tawarkan. Setelah strategi pemasaran disusun dengan baik, kemudian dapat langsung mengeksekusi strategi tersebut sesuai dengan waktu dan tempat yang telah direncanakan.

 

5. Melakukan Evaluasi

 

Setiap kali telah menyusun dan menjalankan strategi pemasaran, lakukanlah evaluasi. Evaluasi memiliki peranan penting dalam keberhasilan bisnis pakan ternak yang dijalankan. Melalui hasil evaluasi, dapat mengetahui hal apa saja yang perlu diperbaiki atau dikembangkan di dalam strategi pemasaran selanjutnya.

 

 

 

Sumber Menjawab :

 

- Kewirausahaan ; Sam’un Jaja Raharja, Ratih Purbasari; ADBI4440; Universitas Terbuka; Edisi Kedua

- Materi Inisiasi 7 Tutorial Online Kewirausahaan Universitas Terbuka

- https://www.pelatihan-sdm.net/langkah-langkah-dalam-proses-perencanaan-pemasaran/