LATIHAN SOAL UAS SISTEM POLITIK INDONESIA ISIP4213

 


1. Dalam pendekatan sistem David Easton peran input menjadi bahan bakar bekerjanya sebuah sistem politik. Oleh karena itu input harus bersifat rutin, tetap, dan ajeg. Analisislah cara kerja dari 2 (dua) macam input dengan disertai contoh yang relevan!

2. Salah satu ciri khas kuatnya rezim Orde Baru dalam mengatur aktivitas politik rakyatnya adalah dengan membatasi jumlah partai melalui kebijakan fusi partai. Analisislah kebijakan tersebut dan dampaknya bagi politik Indonesia saat itu!

3. Salah satu hasil amandemen UUD 1945 tahun 1999-2002 adalah pembentukan Mahkamah Konstitusi yang bertujuan untuk memperkuat lembaga yudikatif dalam sistem politik demokratis. Analisislah keberadaan dan kewenangan yang dimiliki oleh Mahkamah Konstitusi ini!

4. Keikutsertaan Indonesia dalam organisasi internasional menjadi sarana pemerintah untuk mencapai kepentingan nasional. Indonesia bahkan menggagas pembentukan organisasi kerjasama kawasan di Asia Tenggara yaitu ASEAN. Analisislah bagaimana peran Indonesia dalam ASEAN sebagai wahana politik luar negeri Indonesia!