Diskusi 7 Tutorial Online Pengantar Ilmu Administrasi Niaga (ADBI4130)

 


DISKUSI 7 :

FORUM DISKUSI 7

Untuk memperdalam pemahaman Anda tentang materi Dasar-Dasar Pengelolaan Operasi Perusahaan, silahkan Anda mendiskusikan materi berikut ini:

Jelaskan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam strategii produksi dan operasi perusahaan.

Selamat berdiskusi... Tetap semangat.

Salam: Tutor

 

 

PENDAPAT DISKUSI :

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam strategi produksi dan operasi perusahaan diantaranya :

 

1.  Sumber Daya yang digunakan untuk Proses Produksi

Sebuah perusahaan apakah memproduksi barang atau jasa maka perusahaan tersebut akan memerlukan suatu proses produksi atau serangkaian aktivitas dimana berbagai sumber daya yang ada di perusahaan digunakan untuk memproduksi barang dan jasa yang diinginkan. Suatu proses yang memperlihatkan campuran berbagai sumber daya yang digunakan untuk produksi, penempatan tugas dan pembagian tugas yang terjadi di perusahaan tersebut.

2.  Memilih Lokasi

Keputusan penting yang harus diambil dalam manajemen produksi/operasi adalah dalam pemilihan lokasi yang hendak digunakan untuk pabrik maupun kantor perusahaan. Hal tersebut karena faktor lokasi akan berpengaruh terhadap biaya produksi dan oleh karena itu akan mempengaruhi pula kemampuan perusahaan untuk bersaing dengan perusahaan lain.

3. Memilih Desain dan Tata Letak (Layout)

Ketika suatu lokasi pabrik atau kantor telah ditetapkan, maka langkah selanjutnya adalah menentukan desain ruangan dan tata letak (layout) dari lokasi yang telah dipilih. Desain menunjukkan ukuran dan struktur dari bangunan pabrik atau kantor yang diinginkan. Sedangkan layout merujuk pada pengaturan mesin-mesin dan berbagai perangkat lainnya yang terdapat didalam sebuah pabrik atau ruangan kantor.

4.  Pengendalian Produksi

Ketika desain dan Tata Letak kantor atau pabrik telah ditetapkan, perusahaan dapat mulai melakukan proses produksi untuk menghasilkan produk dan jasa yang nantinya akan dipasarkan pada pelanggan. Proses produksi yang dijalankan harus dapat dikelola atau dikendalikan dengan baik. Hal ini untuk menjaga keseimbangan antara jumlah bahan baku yang harus disediakan, jumlah waktu produksi yang diperlukan dan besarnya permintaan pasar akan produk dan jasa yang dihasilkan.

5.  Efisiensi Produksi

Perusahaan harus terus menerus meningkatkan efisiensi produksi, dalam arti harus selalu dapat menjalankan proses produksi dengan biaya yang lebih rendah, namun dengan tingkat kualitas yang terus terjaga.

 

Sumber :

BMP; ADBI4130; Pengantar Ilmu Administrasi Niaga; Eko Widodo-Rosdiana Sijabat; Universitas Terbuka