Diskusi 8 Tutorial Online Perencanaan dan Pengembangan Bisnis (ADBI4443)

 


DISKUSI 8 :

Coba Anda jelaskan masalah-masalah yang sering dijumpai dalam penyusunan sebuah rencana bisnis, lalu diskusikan dengan teman-teman pada forum ini.

Selamat berdiskusi!

 

PENDAPAT DISKUSI :

1.   Ketidakmampuan membuat Rencana Bisnis atau Rencana Bisnis  yang tidak cukup Baik.

Tentu saja tidak semua manajer otomatis memiliki kemampuan membuat perencanaan bisnis. Faktor penyebabnya adalah kurangnya pengalaman, pendidikan atau bahkan karena diajari atau tidak memiliki pengetahuan tentang bagaimana membuat rencana bisnis yang benar.

 

2.   Kurangnya Komitmen dalam proses pembuatan Rencana Bisnis.

Mengembangkan sebuah rencana Bisnis adalah pekerjaan yang membutuhkan pemikiran yang cukup banyak dan menyita waktu. Kebanyakan manajer beralasan mereka tidak cukup punya waktu untuk mengikuti proses pembuatan rencana bisnis yang cukup panjang, atau bahkan mereka tidak membuat rencana bisnis yang memadai karena sebenarnya mereka takut gagal tidak mencapai yang mereka targetkan dalam rencana bisnis tersebut.

 

3.   Lemahnya informasi.

Karena yang menjadi dasar dari sebuah rencana bisnis adalah informasi, maka bagaimanapun canggihnya seorang manajer dalam teknik pembuatan rencana bisnis, namun apabila informasi yang digunakan dalam penyusunan rencana bisnis tersebut kurang memadai (informasi kurang akurat, kurang lengkap, basi), maka rencana bisnis tersebut juga akan kurang bermutu atau bahkan rencana yang gagal.

 

4.   Terlalu berfokus pada masa kini.

Kegagalan mempertimbangkan efek jangka panjang sebuah rencana bisnis karena terlalu menekankan pada penanganan persoalan-persoalan jangka pendek, justru dapat menyebabkan kegagalan organisasi mempersiapkan masa depan. Seorang manajer seharusnya memiliki gambaran besar dalam benaknya tentang masa depan dan sasaran-sasaran jangka panjang yang ingin diraih saat menyusun sebuah rencana bisnis.

 

5.   Terlalu mengandalkan diri pada unit/Bagian Perencanaan.

Banyak organisasi/perusahaan yang memiliki bagian perencanaan atau bagian perencanaan dan pengembangan tersendiri. Bagian ini yang melakukan penelitian, studi, membangun model, percobaan, dll, tapi sesungguhnya tidak mengembangkan perencanaan itu sendiri. Hasil dari bagian ini hanyalah merupakan alat bantu yang dapat dimanfaatkan oleh manajer dalam membuat rencana bisnis, apalagi menyusun sebuah rencana bisnis organisasi tetaplah tanggung-jawab manajer.

 

6.   Memusatkan perhatian pada faktor-faktor yang dapat dikuasainya.

Kebanyakan manajer hanya berkonsentrasi pada hal-hal yang paling dikuasai dan menghindarkan diri hal yang kurang dikuasasi karena khawatir dianggap kurang mampu. Misalnya memusatkan perhatian pada pembuatan gagasan-gagasan dan ide-ide baru, namun mengabaikan bagaimana cara menjadikan gagasan/ide tersebut teraplikasikan karena kurang menguasai operasional organisasinya.

 

 

Sumber :

https://www.dictio.id/t/apa-saja-kendala-kendala-di-dalam-melakukan-perencanaan/14521/2