Diskusi 7 Tutorial Online Kepemimpinan (ADPU4334)

 



DISKUSI 7 :

Diskusikan:

  1. Banyak faktor yang menjadikan munculnya kepemimpinan perempuan menjadi suatu kenicayaan baik karena faktor internal dengan semakin menguatnya kualitas perempuan itu sendiri maupun faktor eksternal seperti isu gender dan lain-lain. Kemukakan pandangan Anda mengenai komponen-komponen yang memperkaya karakteristik kepemimpinan perempuan sehingga berdaya saing di pasar global!
  2. Apa yang dimaksud dengan manajer ahli dalam paradigma baru kepemimpinan? Kemukakan argumentasi Anda! 

 

Petunjuk:

- Tanggapan yang diberikan berdasarkan pemahaman masing-masing mahasiswa dengan mengacu pada BMP maupun referensi lain yang digunakan (dapat dituangkan dengan bahasa atau kalimat sendiri seperti parafrase). Bukan menyalin secara utuh dari Modul/BMP. Selanjutnya, cantumkan sumber referensi tanggapan Anda.

- Kemukakan pendapat/argumen Anda dengan berdasar pada konsep dan teori bersumber dari BMP maupun referensi lain sebagai penunjang, dan juga berdasarkan pengamatan atau pengalaman praktis tentang kepemimpinan disekitar Anda (tanggapan yang diberikan bukan merupakan “hasil copy paste”, hindari plagiarisme).

Indikator penilaian :

Mengemukakan tanggapan (pandangan/argumentasi) dengan berdasar pada BMP, teori, dan mencantumkan sumber referensi

 

 

PENDAPAT DISKUSI :

1.    Banyak  faktor yang menjadikan munculnya kepemimpinan perempuan menjadi suatu kenicayaan baik karena faktor internal dengan semakin menguatnya kualitas perempuan itu sendiri maupun faktor eksternal seperti isu gender dan lain-lain. Kemukakan pandangan Anda mengenai komponen-komponen yang memperkaya karakteristik kepemimpinan perempuan sehingga berdaya saing di pasar global!

1.   Pembangunan Mental

Merupakan kondisi kejiwaan yang mengandung kesanggupan untuk mengembangkan kemampuan menghadapi gangguan, ancaman, dalam keadaan bagaimanapun juga, baik yang datang dari dalam dirinya maupun dari luar dirinya.

2.   Ketangguhan Pribadi

Ketangguhan pribadi adalah ketika seseorang berada pada posisi atau dalam keadaan telah memiliki pegangan prinsip hidup yang kokoh dan jelas.  Seseorang dikatakan tangguh ketika ia memiliki prinsip yang kuat sehingga tidak mudah terpengaruh oleh lingkungannya. Ini berarti bahwa orang yang memiliki ketangguhan pribadi itu  mampu untuk mengambil keputusan yang bijaksana dengan menyelaraskan antara prinsip yang dianut dengan kondisi lingkungannya, tanpa harus kehilangan pegangan hidup.

3.   Ketangguhan Sosial

Ketangguhan sosial adalah kecakapan untuk menentukan bagaimana kita menangani hubungan sosial atau bagaimana kita menyikapi interaksi sosial antara kita. Dalam membangun ketangguhan sosial ini, maka ada dua aspek yang paling menentukan, yaitu empati dan keterampilan sosial.

 

2.  Apa yang dimaksud dengan manajer ahli dalam paradigma baru kepemimpinan? Kemukakan argumentasi  Anda!

Adalah Manajer sebagai pemimpin ahli dan handal yang harus memiliki pengetahuan-pengetahuan seperti berikut ini :

1.   Menghargai Kompetensi serta mempunyai hasrat daya cipta akan suatu kreasi yang unik dan mengesankan bagi diri, organisasi, dan lingkungannya.

2.   Andal atau ahli dalam memahami berbagai perbedaan tingkat perkembangan suatu proses perubahan dan mampu berurusan dengan segala situasi, kondisi, dan pelbagai kalangan sumber daya manusia yang terlibat dalam proses perubahan tersebut.

3.   Memiliki wilayah kekuasaan yang ruang lingkup pengetahuan untuk mengembangkan karir pribadinya, pihak lain, organisasi dan  kemaslahatan umum.

4.   Mempunyai komitmen untuk menjaga keberlangsungan kehidupan, tradisi-tradisi, hasil budaya serta sejarah manusia masa kini dan yang akan datang dengan bertumpu pada kelestarian alam.

5.   Dinamika organisasi dan masyarakat yang berubah terus menerus dari suatu kondisi ke kondisi lainnya.

6.   Memahami bahwa segala sesuatu saling berhubungan dengan sesuatu yang lain.


Sumber :

BMP ADPU4334; Kepemimpinan; Enceng, dkk.; Universitas Terbuka