Diskusi 7 Tutorial Online Pengantar Ilmu Ekonomi (ISIP4112)


DISKUSI 7 :

Berikan pendapat anda mengenai motif permintaan uang menurut Keynes. Apakah anda setuju ? Berikan penjelasan dan contohnya !

Selamat berdiskusi, tetap semangat, dan sukses selalu.

Salam hangat,

Tutor

 

PENDAPAT DISKUSI :

Mengenai motif permintaan uang menurut Keynes, Saya Setuju. Teori permintaan uang menurut Keynes dikenal dengan teori Liquidity of Preference yang menjelaskan perilaku masyarakat dalam memegang uang.

Menurut Keynes, permintaan uang untuk transaksi yang dipengaruhi oleh besarnya pendapatan nasional merupakan hal yang tidak bisa dibantah. Semakin tinggi kegiatan transaksi ekonomi, maka akan semakin tinggi permintaan uang untuk kebutuhan transaksi.

Menurut Keynes, kebutuhan uang tidak hanya untuk sesuatu yang sifatnya normal dan reguler seperti halnya kebutuhan uang untuk transaksi. Tetapi, kebutuhan uang juga untuk sesuatu di luar perencanaan sebelumnya, seperti kebutuhan untuk membeli obat ketika sakit, kebutuhan membeli peralatan produksi ketika mengalami kerusakan, dan lain-lain.

Artinya, seseorang perlu menyediakan uang khusus untuk berjaga-jaga dan mengantisipasi seandainya terjadi sesuatu di luar apa yang direncanakan. Besarnya kebutuhan uang untuk berjaga-jaga dipengaruhi langsung oleh besarnya tingkat pendapatan nasional.

Dalam buku Principles of Money, Banking, & Financial Markets (2013) karya Lawrence S. Ritter, William L. Silber, dan Gregory F. Udell, dijelaskan beberapa ide teori permintaan uang Keynes pada pasar uang, yaitu:

·        Ada tiga motif masyarakat dalam memegang uang, yaitu untuk transaksi, berjaga-jaga, dan spekulasi.

·        Jumlah uang yang beredar ditetapkan oleh pemerintah atau otoritas moneter.

·        Keseimbangan di pasar uang dipengaruhi oleh besarnya pendapatan nasional dan tingkat bunga.

 

Sumber :

BMP4112; Pengantar Ilmu Ekonomi; Ferry Hadiyanto; Universitas Terbuka