Diskusi 7 Tutorial Online Sistem Informasi Manajemen (ADPU4442)

 


DISKUSI 7 :

Silahkan berdikusi

1) Jelaskan dan sebutkan 4 model untuk mengukur realitas dan

    membandingkannya dengan harapan ?

2) Jelaskan konsep dan pengertian dari pembuatan keputusan ?

Selamat berdiskusi.................

 

PENDAPAT DISKUSI :

1)  Jelaskan dan sebutkan 4 model untuk mengukur realitas dan membandingkannya dengan harapan ?

Fungsi dan Prosedur pengendalian organisasi umumnya didesain untuk menjamin bahwa informasi yang disajikan lengkap dan benar. Demikian pula halnya dengan pengendalian dan pemrosesan transaksi, pada dasarnya ditujukan untuk menjamin dan memastikan adanya pemrosesan transaksi yang dilakukan secara benar dan lengkap. Secara umum pengelolaan sistem informasi mempunyai tanggungjawab untuk mengelola dan mengendalikan pengembangan dan pengoperasian dari keseluruhan sistem informasi organisasi.

 

2) Jelaskan konsep dan pengertian dari pembuatan keputusan ?

Pembuatan Keputusan dianggap sebagai inti dari berbagai fungsi manajerial. Konsep pembuatan keputusan berasal dari kata kerja “memutuskan” (to decide) yang dalam bahasa latin mengandung makna mengambil suatu keputusan atau kesimpulan.

Keputusan dapat diartikan sebagai suatu pilihan (a choice) ketika seorang pembuat keputusan (decision marker) mengambil suatu kesimpulan tentang suatu situasi tertentu. Suatu keputusan mewakili suatu tindakan perilaku yang dip;ilih dari sejumlah (lebih dari satu) alternatif yang mungkin.

Pembuatan Keputusan merupakan suatu proses penyelesaian/pemilihan satu alternatif yang optimum dari beberapa alternatif tindakan. Pembuatan Keputusan mempertimbangkan dua atau lebih alternatif dari mana suatu keputusan final dapat dihasilkan. Namun, apabila tidak ada pilihan, misalnya hanya ada satu alternatif tersedia, maka tidak akan ada keputusan yang dihasilkan.

 

Sumber :

BMP ADPU4442; Sistem Informasi Manajemen; Eva Andayani; Universitas Terbuka