Diskusi 8 Tutorial Online Pengantar Ilmu Administrasi Niaga (ADBI4130)

 


DISKUSI 8 :

FORUM DISKUSI 8

Pelajari perkembangan bisnis Go-Jek yang merupakan perusahaan penyedia jasa layanan transpotasi dengan menggunakan armada motor yang saat ini telah memimpin revolusi industri transportasi Ojek di wilayah jabodetabek. Melalui slogannya yaitu “An Ojek for Every Need”, Go-Jek tidak hanya menyediakan layanan transportasi angkutan penumpang, saat ini Go-Jek memiliki empat jenis jasa layanan yang disiapkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen yaitu Instant Courier, Transport, Go-food (Food Delivery), dan shoping.

Diskusikan: mengapa perusahaan transportasi online membutuhkan pembuatan keputusan yang tepat bagi desain infrastruktur e-business dan mengimplementasikannya secara efektif? Apa manfaat dari penerapannya?

Selamat berdiskusi. Tetap semangat. Semoga kesuksesan selalu beserta Anda.

Salam: Tutor

 

 

PENDAPAT DISKUSI :

Saat ini keberadaan perusahaan transportasi merupakan sebuah perusahaan yang sangat penting bagi masyarakat yang membutuhkan transportasi dalam pergerakannya sehari-hari. Kemajuan teknologi juga berdampak pada transportasi, sekarang sudah banyak aplikasi – aplikasi online yang berkaitan dengan sarana transportasi seperti GO-JEK, Grab, Uber, TopJek,BoJek dan masih banyak lagi. Kini banyak perushaan transportasi yang beralih menggunakan media online karena banyak diminati di kalangan masyarakat.

Dalam hal ini, perusahaan online membutuhkan pembuatan keputusan yang tepat bagi desain infrastruktur e-business dan mengimplementasikannya secara efektif. Jika setiap perancangan sistemnya dilakukan dengan fleksibilitis dan secara efektif hal itu berguna untuk memberikan keuntungan yang lebih untuk perusahaan dan dapat memberikan konstribusi untuk periode yang panjang bagi kesuksesan perusahaan.

Infrastruktur e-business penting bagi banyak fungsi bisnis dan bagi proses bisnis dalam organisasi. Daya saing perusahaan tergantung pada fleksibilitas infrastruktur e-business, karena infrastruktur tersebut memungkinkan perusahaan untuk mengembangkan proses bisnis dan aplikasi baru secara cepat. Kecepatan organisasi untuk mengimplementasikan proses tersebut meningkatkan daya saing dalam pasar.

Fleksibilitas infrastruktur e-business memberikan dampak strategis pada arah bisnis perusahaan dan dapat memperluas implementasi aplikasi bisnis dalam perusahaan. Oleh karenanya, Infrastruktur e-business dapat semakin meningkatkan keterkaitan antara strategi teknologi informasi dan strategi bisnis perusahaan. Hal ini menjadi sangat penting karena memungkinkan perusahan untuk merespon dengan cepat lingkungan bisnis yang cenderung berubah-ubah.

Peluang bisnis dari penerapan e-Business juga akan membuka kesempatan bagi perusahaan-perusahaan untuk menjual isi atau jenis data dan informasi yang eksklusif dengan harga mahal atau premium. Data dan informasi yang dijual tersebut dapat diperjualbelikan dalam bentuk data mentah, maupun yang telah diolah menjadi informasi yang memiliki nilai tinggi.

 

Peluang e-business juga terbuka lebar bagi perusahaan yang bergerak dalam penyediaan berbagai perlengkapan teknologi, hardware dan software yang berkaitan dengan teknologi perpasive computing (barang elektronik dengan teknologi digital dan mikroprosesor di dalamnya) yang mudah diakses melaui gadget yang saat ini hampir semua orang memilikinya.

 

 

Sumber :

BMP; ADBI4130; Pengantar Ilmu Administrasi Niaga; Eko Widodo-Rosdiana Sijabat; Universitas Terbuka

https://www.coursehero.com/file/57201700/kasus-Go-Jek-edit5doc/#:~:text=Jawab%3APerusahaan%20transportasi%20online%20membutuhkan,umum%20untuk%20menjangkau%20efisiensi%20kegiatan