LATIHAN SOAL UAS KEPEMIMPINAN ADPU 4334

 


1. Dalam suatu organisasi, baik sektor publik maupun sektor swasta tentunya ada sasaran program strategis yang telah disusun demi tercapainya suatu tujuan organisasi tersebut. Sasaran program dibuat melalui proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, evaluasi dan pelaporan (bagian dari manajemen), semua program itu bisa berjalan tentunya dilaksanakan atas adanya kerjasama tim/orang-orang yang ada di dalam organisasi tersebut (bagian dari administrasi) dan tentunya harus adanya orang/pemimpin, mengarahkan dan bertanggungjawab atas semua pelaksanaan tugas tersebut (bagian dari kepemimpinan). 
Pertanyaan : Berdasarkan kasus diatas adanya hubungan dari ketiga unsur manajemen, administrasi dan kepemimpinan dalam mengelola organisasi agar terciptanya keselarasan, bagaimana hubungan ketiga (unsur) tersebut? Dan berikan analisis peran masing-masing dari ketiga unsur tersebut!

2. Seorang pemimpin dalam memimpin organisasi atau perusahaan harus memiliki visi dan misi yang jelas, karena dengan itu mereka bisa memimpin organisasi/perusahaan dengan baik dan berjalan sesuai prosedurnya. Dengan pemimpin yang memiliki visi dan misi yang jelas mereka bisa membuat dan merencanakan kebutuhan apa yang dibuthkan oleh organisasi atau perusahaan. Seorang pemimpin dalam sebuah organisasi atau perusahaan harus bisa menentukan arah yang jelas bagi bawahannya supaya dapat mengoptimalkan kinerja organisasi dan perusahaan tersebut sehingga berhasil mencapai tujuan Bersama. 
Pertanyaan : Jika dilihat dari pernyataan diatas kemudian anda diberikan kepercayaan untuk menjadi pemimpin dalam suatu organisasi/perusahaan. Bagaimana cara anda menentukan visi dan misi yang sesuai dengan criteria ? jelaskan ! 

3. Dalam suatu organisasi tentunya akan timbul suatu konflik internal yang akan berdampak negatif dan positif terhadap keberlangsungan organisasi, maka manajemen-lah yang dapat memadamkan konflik, seorang leader/manager/pemimpin dituntut bertindak baik secara administrasi maupun manajemen. Adapun hal-hal yang menyebabkan timbulnya konflik antara pemimpin dengan bawahannya, seperti : 1. pemimpin memberi perintah kepada bawahannya 2. cara menegur kesalahan-kesalahan bawahan 3. cara memimpin rapat 4. cara berkomunikasi 5. cara menegakkan disiplin pada para bawahannya 6. cara merekomendasikan kegiatan yang sifatnya training kepada bawahan 
Pertanyaan: Jika anda dihadapkan menjadi seorang leader/manajer untuk meminimalisir terjadinya konflik, bagaimana strategi anda dalam menghadapi konflik internal dengan melihat kondisi beberapa kasus diatas ? 

4. Beberapa kasus yang terkait kepemimpinan belakangan ini yang terjadi di Indonesia seperti kasus korupsi Bansos yang dilakukan oleh Menteri sosial, kasus korupsi ekspor benih lobster oleh Menteri kelautan dan perikanan, dan beberapa pejabat daerah yang baru dilantik menjadi tersangka OTT oleh KPK. Hal itu menunjukan besar kecilnya menunjukan proses memimpin yang dilakukan dalam organisasi pemerintah belum optimal dan masih rendahnya mental para pemimpin. Memberikan dampak yang sangat besar kepada masyarakat, hilangnya krisis kepercayaan kepada para pemimpin yang seharusnya mampu mengayomi dan kehadirannya bisa mengatasi permasalahan-permasalahan yang terjadi di masyarakat. 
Pertanyaan: Berdasarkan sudut pandang anda, apakah kasus-kasus yang terjadi kepada para pemimpin di lingkungan pemerintah terjadi akibat kurangnya komitmen dalam mengoptimalkan fungsi, peranan dan tanggung jawabnya ? Berikan rekomendasi lebih lanjut berdasarkan pandangan tersebut!