LATIHAN SOAL UAS SISTEM INFORMASI MANAJEMEN ADPU4442

 


1. Silahkan saudara/i amati dan gunakan artikel berita berikut terkait dengan konsep Sistem Informasi Manajemen : 

Dilansir dari: https://nasional.kompas.com/read/2021/07/28/12131541/wapres-perlu-sisteminformasi-manajemen-produk-halal-terintegrasi 

Pertanyaan: 
a. Dalam konsep Sistem Informasi Manajemen menurut Davis (1985), mengapa artikel di atas masuk pada kategori Sistem Informasi Manajemen ? 
b. Selanjutnya bagaimana analisis saudara/i terkait dengan artikel berita di atas jika dikaitkan dengan definisi Sistem Informasi Manajemen menurut Davis (1985) ? 

Petunjuk: 
- Pahami terlebih dahulu konsep Sistem Informasi Manajemen menurut Davis (1985), lalu kaitkan artikel berita di atas dengan bagian dari definisi Sistem Informasi Manajemen menurut Davis (1985). 
- Setelah itu berikan analisis saudara terkait dengan keterkaitan antara artikel berita di atas dengan bagian dari definisi Sistem Informasi Manajemen menurut Davis (1985).


2 Silahkan saudara/i amati dan gunakan artikel berita berikut terkait dengan Struktur Sistem Informasi Manajemen: 

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengintegrasikan layanan sistem Online Single Submission (OSS) dengan Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian (SIMKIM) milik Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM). Integrasi ini bertujuan untuk mempermudah proses Izin Tinggal Terbatas (Itas) bagi pelaku usaha yang sebelumnya membutuhkan rekomendasi dari BKPM. "Integrasi ini sangat penting, karena tujuan utamanya adalah untuk memberikan kemudahan bagi para pelaku usaha mendapatkan izin tinggal terbatas," kata Deputi Bidang Pelayanan Penanaman Modal BKPM Husen Maulana dalam jumpa pers di Kantor BKPM, Jakarta, Senin (2/9/2019). 
Husen mengatakan, rekomendasi Itas dalam sistem ini diberikan atau dikhususkan bagi para pemegang saham, direktur atau komisaris yang ada di Indonesia. Selain memberikan kemudahan, juga dibebaskan dari biaya administrasi. Dia menyebutkan, dengan adanya layanan sinergi BKPM dan Jenderal Imigrasi Kemenkum HAM bisa mempercepat proses izin tinggal bagi investor yang sebelumnya membutuhkan sepuluh hari untuk mengurusnya. 
Sebelumnya, BKPM dan Kemenkum HAM bekerja sama memperkuat integrasi sistem perizinan berusaha dengan sistem informasi manajemen keimigrasian dalam rangka peningkatan penanaman modal. Nota kesepahaman itu meliputi lima ruang lingkup kerja sama yakni integrasi sistem pemberian layanan persetujuan visa dan alih status; serta integrasi sistem pemeriksaan rekaman paspor kebangsaan pada Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian (SIMKIM). 

Dilansir dari https://money.kompas.com/read/2019/09/02/114008826/permudah-investor-asing-bkpmintegrasikan-dua-sistem-ini 

Pertanyaan: 
a. Goyal (2003) mengemukakan bahwa terdapat lima fungsi pengolahan utama dari Sistem Informasi Manajemen, termasuk pada fungsi pengolahan mana artikel berita di atas ? 
b. Bagaimana analisis saudara/i melihat artikel berita di atas jika dikaitkan dengan lima fungsi pengolahan utama dari Sistem Informasi Manajemen menurut Goyal (2003) ? 

Petunjuk: 
- Pahami terlebih dahulu lima fungsi pengolahan utama dari Sistem Informasi Manajemen menurut Goyal (2003) 
- Setelah itu berikan analisis saudara terkait dengan keterkaitan antara artikel berita di atas dengan lima fungsi pengolahan utama dari Sistem Informasi Manajemen menurut Goyal (2003).


3 Silahkan saudara/i amati dan gunakan artikel berita berikut terkait dengan klasifikasi Sistem Informasi Manajemen : 

Jakarta (Kemenag) --- Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama meluncurkan Rapor Digital Madrasah (RDM). Aplikasi ini akan digunakan oleh 87.000 madrasah pada berbagai tingkatan yang tersebar di seluruh Indonesia. 
RDM ini merupakan penyempurnaan dari Aplikasi Rapor Digital (ARD) yang digunakan sebelumnya. Dirjen Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramdhani mengatakan bahwa penyempurnaan ini sebagai terobosan dalam mengoptimalkan layanan pembelajaran di madrasah. 
Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Moh Isom menambahkan bahwa peluncuran RDM ini melengkapi platform pembelajaran “E-learning Madrasah” yang berjalan selama pandemi. RDM hadir dengan menu yang lebih lengkap serta memudahkan guru, siswa, dan kepala madrasah dalam melakukan perencanaan, proses, dan penilaian serta pelaporan hasil belajar madrasah.
Melalui RDM, analisis dan penggambaran grafik perkembangan kompetensi siswa juga dapat diketahui secara cepat dan akurat. Atas dukungan data tersebut, diharapkan guru bisa memberikan program perbaikan pembelajaran dan pengayaan secara tepat baik dari sisi waktu maupun mutu. 
Untuk mewujudkan layanan data tunggal di Kementerian Agama, aplikasi RDM juga sudah terintegrasi dengan pangkalan data EMIS. Sehingga, validitas data di madrasah dapat terjamin. Di samping itu, guru dan oprator madrasah lebih mudah dan cepat dalam mengelola administrasi penilaian hasil belajar di madrasah. Guru dapat mengelola nilai secara online dari mana saja dan kapan saja. 

Dilansir dari https: https://kemenag.go.id/read/kemenag-luncurkan-rapor-digital-untuk-87-000-madrasah 

Pertanyaan: 
a. Goyal (2003) telah mengklasifikasikan sistem informasi manajemen menjadi enam kelompok, termasuk pada klasifikasi mana artikel berita di atas ? 
b. Bagaimana analisis saudara/i melihat artikel berita di atas jika dikaitkan dengan klasifikasi Sistem Informasi Manajemen menurut Goyal (2003) ? 

Petunjuk: 
- Pahami terlebih dahulu klasifikasi Sistem Informasi Manajemen menurut Goyal (2003) 
- Setelah itu berikan analisis saudara terkait dengan keterkaitan antara artikel berita di atas dengan klasifikasi Sistem Informasi Manajemen menurut Goyal (2003 



4 Jakarta, Beritasatu.com - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan informasi publik kepada masyarakat. Hal itu diwujudkan oleh BPK dengan membuka media komunikasi seluas-luasnya untuk menampung informasi, kritik, saran, dan masukan dari masyarakat melalui berbagai saluran informasi, yaitu website BPK, Pusat Informasi dan Komunikasi, e-PPID, dan penggunaan media sosial. Tak hanya itu, BPK juga menggelar diskusi terkait keterbukaan informasi publik di Kantor Pusat BPK, Senin (5/4/2021). 

Wakil Ketua BPK Agus Joko Pramono mengatakan, Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) mensyaratkan badan publik untuk menyediakan, memberikan dan/atau menerbitkan informasi publik yang berada di bawah kewenangannya kepada pemohon informasi publik, selain informasi yang dikecualikan sesuai dengan ketentuan. 

Agus berharap pejabat pengelolaan informasi dan dokumentasi (PPID) dapat memedomani UU KIP sebagai landasan pengelolaan dan pelayanan informasi publik. Menurutnya, BPK tidak bekerja semata-mata untuk kebutuhan organisasi, tetapi juga untuk memenuhi mandat yang tertuang dalam peraturan perundang-undangan dan kebutuhan stakeholders. Tak hanya itu, Agus juga mendorong agar PPID dapat bekerja sesuai dengan tugasnya dalam mengelola informasi dan dokumentasi di lingkungan BPK, sehingga informasi yang disampaikan kepada stakeholders dapat dipertanggungjawabkan. 

Dilansir dari https://www.beritasatu.com/nasional/756217/ppid-bpk-terus-tingkatkan-kualitas-pelayananinformasi-publik 

Pertanyaan: 
a. Goyal (2003) mengungkapkan bahwa terdapat beberapa atribut informasi yang mempengaruhi kualitas informasi tersebut. Apabila dikaitkan dengan artikel berita di atas, maka atribut informasi apa saja yang terkait ? 
b. Bagaimana analisis saudara/i melihat artikel berita di atas jika dikaitkan dengan atribut informasi yang mempengaruhi kualitas informasi tersebut menurut Goyal (2003) ?

Petunjuk:
 - Pahami terlebih dahulu atribut informasi yang mempengaruhi kualitas informasi menurut Goyal (2003) 
- Setelah itu berikan analisis saudara terkait dengan keterkaitan antara artikel berita di atas dengan atribut informasi yang mempengaruhi kualitas informasi menurut Goyal (2003).