LATIHAN SOAL UAS SISTEM EKONOMI INDONESIA ISIP4310

 


1. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memiliki pengertian sebagai badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki negara melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan negara yang dipisahkan. Keberadaan BUMN sebagai salah satu sokoguru perekonomian Indonesia telah dengan tegas digariskan dalam UUD 1945 Pasal 33. Menurut Anda, seberapa besar peranan BUMN dalam perekonomian Indonesia? Jelaskan pendapat saudara!

2. Setelah mempelajari mengenai BUMN dan BUMS dalam Sistem Ekonomi Indonesia, menurut Anda, pihak manakah yang paling berperan dalam meningkatkan perekonomian Indonesia? Mengapa demikian? Jelaskan pendapat saudara!

3. Keberhasilan pembangunan ekonomi suatu negara dapat diukur melalui beberapa indikator, antara lain, urbanisasi, pendapatan per kapita, struktur ekonomi, Indeks Kualitas Hidup, pendidikan, kesehatan, angka tabungan, tempat tinggal, kriminalitas, akses atau media. Menurut Saudara, indikator manakah yang dianggap paling sempurna untuk mengukur prestasi perekonomian suatu negara? Jelaskan!

4. Salah satu kunci kesuksesan ekonomi kerakyatan, terletak pada upaya yang dilakukan melalui kemitraan. Kemitraan merupakan salah satu cara yang paling cepat dan murah untuk mengembangkan strategi pemasaran global. Ada beberapa macam tipe kemitraan, yaitu bisa berkaitan dengan teknologi, produksi atau operasi, pemasaran, dan lain sebagainya. Tetapi khusus kaitannya untuk mewujudkan ekonomi kerakyatan di Indonesia, kemitraan yang diharapkan terjadi adalah kemitraan atas dasar keterkaitan usaha yakni kemitraan di antara usaha besar, usaha menengah, dan usaha kecil. Mengapa kemitraan usaha berperan penting dalam mewujudkan ekonomi kerakyatan? Berikan pendapat Saudara!