Diskusi 8 Tutorial Online Sistem Ekonomi Indonesia (ISIP4310)

 


DISKUSI 8 :

Perekonomian Indonesia saat ini mengalami tantangan karena keadaan pandemi yang belum juga selesai. Pemerintah telah mengambil berbagai langkah agar perekonomian tidak mengalami keterpurukan. Menurut pendapat dan pengamatan Anda, apakah Indonesai dapat melalui krisis ekonomi di era pandemi saat ini ? 

Bagaimana upaya yang harus dilakukan oleh  pemerintah guna meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi yang positif dan sustainable?

Selamat berdiskusi.

 

PENDAPAT DISKUSI :

Melihat semakin dapat dikendalikannya Pandemi Covid-19 oleh Pemerintah Indonesia semakin memunculkanya optimisme perbaikan di semua sektor kehidupan bagi Bangsa Indonesia. Termasuk roda perekonomian yang terdampak krisis diyakini akan segera dapat pulih dengan kebijakan-kebijakan sektor perekonomian yang dikeluarkan Pemerintah di Bidang Ekonomi.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan langkah-langkah strategis pemerintah, seperti Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja dan terbentuknya institusi-institusi, seperti Sovereign Wealth Fund (SWF) atau Indonesia Investment Authority (INA), akan menjadi instrumen yang mendukung pemulihan ekonomi pada tahun 2021.

Berbagai instrumen ini akan mampu menjadi pelengkap upaya Bangsa Indonesia di dalam mendorong pemulihan ekonomi, dengan tetap meningkatkan kewaspadaan dan kehati-hatian.

Selain itu, pemerintah juga akan tetap memberikan berbagai insentif fiscal policy, termasuk insentif pajak kepada dunia usaha. Dukungan diberikan kepada berbagai industri yang memiliki peranan strategis sehingga Indonesia mampu membangun sektor industri yang makin kuat.

Menkeu pun mengungkapkan bahwa Kebijakan strategis APBN 2021 akan terus mendukung keberlanjutan program pemulihan ekonomi, terutama untuk penanganan kesehatan, perlindungan sosial, sektoral K/L dan pemda, dukungan UMKM dan pembiayaan korporasi, dan insentif usaha.

 

Sumber :

Modul 4 BMP ISIP4310; Sistem Ekonomi Indonesia; Suharyono – Niam Sovie; Universitas Terbuka

https://newssetup.kontan.co.id/news/langkah-langkah-pemerintah-untuk-dorong-pertumbuhan-ekonomi-2021