Diskusi 8 Tutorial Online Pengantar Ilmu Ekonomi (ISIP4112)

 



DISKUSI 8 :

Saudara Mahasiswa...

Setelah mempelajari sesi 8 yang membahas mengenai Ekonomi Terbuka, apakah menurut anda Covid19 berdampak pada pasar valuta asing? Faktor apa saja yang mempengaruhi kurs berfluktuasi ?

Selamat berdiskusi, tetap semangat, dan sukses selalu. Amiiin.

Salam

 

PENDAPAT DISKUSI :

Pandemi Covid19 sangat berdampak pada perekonomian Indonesia, demikianpun terhadap pergerakan Valuta Asing sebagai sarana pembayaran maupun investasi di dalam negeri.

Bank Indonesia sebagai Bank Sentral harus membuat beberapa kebijakan untuk mengatasi dampak Pandemi Covid19 terhadap Valuta Asing. Diantaranya Bank Indonesia menurunkan Giro Wajib Minimum atau GWM valuta asing dan rupiah. Penurunan GWM Valuta asing untuk Bank Umum Konvesional dari 8 persen menjadi 4 persen dari Dana Pihak Ketiga. Bank Indonesia menempuh beberapa kebijakan lanjutan untuk stabiltas moneter dan pasar keuangan termasusk memitigas dampak pandemi virus corona.

Sementara itu, Pada dasarnya kurs adalah harga suatu mata uang dari suatu negara terhadap mata uang yang berasal dari negara lainnya. Kurs bisa dinilai atau dinyatakan dengan mata uang dari negara lain. kurs juga adalah suatu perbandingan nilai. Maksudnya, saat ada pertukaran antar dua mata uang yang saling berbeda. Maka di dalamnya akan menghasilkan perbandingan pada nilai atau harga dari mata uang itu.

Adapun faktor yang dapat mempengaruhi kurs adalah:

1. Inflasi

Inflasi adalah suatu kenaikan harga pada barang atau jasa. Inflasi juga adalah penurunan nilai mata uang lokal.

 

2. Kegiatan Neraca Pembayaran

Nilai tukar mata uang bisa dipengaruhi secara langsung oleh kegiatan neraca pembayaran. Neraca pembayaran yang aktif adalah peningkatan permintaan dari pihak debitur asing, sehingga akan mampu meningkatkan nilai mata uang lokal. Disisi lain, pasif nya suatu saldo pembayaran, yang mana debitur dalam negeri menjual seluruh asetnya dengan menggunakan mata uang asing, akan menyebabkan penurunan nilai tukar terhadap mata uang nasional.

 

3. Perbedaan Suku Bunga di Berbagai Negara

Tingkat bunga adalah suatu harga dari uang yang dimanfaatkan untuk jangka waktu tertentu. Perubahan tingkat suku bunga yang tinggi pada suatu negara akan turut memengaruhi arus modal internasional.

 

4. Kontrol Pemerintah

Kebijakan yang ditempuh oleh pemerintah juga akan turut memengaruhi keseimbangan nilai tukar mata uang. Berbagai contoh dari kebijakan tersebut adalah upaya pemerintah dalam menghindari masalah niai tukar valuta asing dan juga perdagangan internasional, serta mengintervensi pasar uang.

 

5. Ekspektasi

Faktor lainnya yang turut memengaruhi nilai tukar pada valuta asing adalah ekspektasi nilai tukar yang bisa terjadi di masa depan. Pasar valuta asing akan memberikan reaksi yang cukup agresif pada setiap berita ataupun isu yang bisa berefek di kemudian hari.

 

Sumber :

BMP4112; Pengantar Ilmu Ekonomi; Ferry Hadiyanto; Universitas Terbuka

https://www.idxchannel.com/market-news/ternyata-5-faktor-ini-yang-memengaruhi-kurs-yuk-simak