Diskusi 7 Tutorial Online Perencanaan dan Pengembangan Bisnis (ADBI4443)

 



DISKUSI 7 :

Pada kesempatan ini kita akan mendiskusikan tentang risiko bisnis. Seperti diketahui bahwa setiap unit usaha pasti menghadapi risiko, tak terkecuali Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Coba Saudara identifikasi risiko yang mungkin dihadapi oleh UMKM. Berikan penjelasan secara singkat dengan menggunakan bahasa sendiri.

Selamat berdiskusi!

 

PENDAPAT DISKUSI :

Risiko Keuangan

Risiko Keuangan (Leverage) merupakan risiko yang khususnya memengaruhi pendapatan umkm. Risiko keuangan berkaitan dengan permodalan, pendapatan, kerugian suatu usaha. Pada UMKM risiko keuangan merupakan risiko yang sering terjadi. Permasalahan keuangan sering kali dihadapi. Kurangnya modal untuk mengembangkan usaha contohnya dapat menghambat laju pertumbuhan dan perkembangan UMKM. Keuangan yang baik dan stabil merupakan kunci keberhasilan UMKM.

 

Risiko Produk

Risiko produk merupakan Risiko yang meyatu dengan dengan Risiko Operasional, namun letak perbedaannya pada Output Produk ( Barang Jadi ) yang telah dihasilkan oleh UMKM yang memiliki hubungan erat langsung dengan konsumen (Customer). dalam suatu usaha dalam sektor apapun pasti memiliki sebuah risiko yang perlu diantisipasi dan perlu dikelola kembali dan dievaluasi agar risiko tersebut dapat diminimalisir dampaknya dan tidak merugikan UMKM, bahkan mempengaruhi reputasi UMKM tersebut.

 

Risiko Pasar

Risiko pasar kejadian buruk yang berpotensi terjadi dan diketahui berapa peluang kejadian tersebut akan benar-benar terjadi dan sebesar apa dampaknya kalau kejadian tersebut benar-benar terjadi. Pemasaran adalah semua kegiatan usaha yang bertalian dengan arus penyerahan barang dan jasa-jasa dari produsen ke konsumen. Dalam kegiatan pemasaran, dikenal konsep 4P yaitu: Product, Price, Placement, and Promotion. Pada dasarnya risiko pasar ini tergantung dari ada dilingkungan mana UMKM tersebut beroperasi, banyak sekali pesaing atau harga bahan baku, dan promosi melewati media social. Tergantung bagaimana UMKM tersebut bisa berntindak inovatif terhadap risiko pemasaran tersebut agar menjadi nilai tambah bagi UMKM.

 

 

Sumber :

Modul  BMP ADBI4443; Perencanaan dan Pengembangan Bisnis; Suryanto; Universitas Terbuka

file:///C:/Users/Windows%207/Downloads/jurnal-manajemen-resiko-jan21-ita.pdf