Diskusi 7 Tutorial Online Sistem Ekonomi Indonesia (ISIP4310)

 



DISKUSI 7 :

1.    Badai tsunami Krisis ekonomi yang melanda Indonesia pada tahun 1998, diawali dari krisis moneter yaitu berupa merosotnya nilai tukar rupiah terhadap dolar dalam angka relatif yang sangat besar. Krisis yang menimpa perekonomian Indonesia juga diawali dari krisis moneter yang menimpa beberapa negara di kawasan Asia.            Pada saat  itu peranan sektor swasta justru memperparah kondisi krisis. Menurut Anda apa saja kontribusi pihak    swasta yang malah memperburuk kondisi krisis?

2.    Menurut pendapat Anda, tantangan apa yang saja dihadapi perekonomian Indonesia saat ini ? Jelaskan!

Selamat berdiskusi!

 

PENDAPAT DISKUSI :

1.  Badai tsunami Krisis ekonomi yang melanda Indonesia pada tahun 1998, diawali dari krisis moneter yaitu berupa merosotnya nilai tukar rupiah terhadap dolar dalam angka relatif yang sangat besar. Krisis yang menimpa perekonomian Indonesia juga diawali dari krisis moneter yang menimpa beberapa negara di kawasan Asia.            Pada saat  itu peranan sektor swasta justru memperparah kondisi krisis. Menurut Anda apa saja kontribusi pihak    swasta yang malah memperburuk kondisi krisis?

      1.   Deregulasi kepada perbankan;  Yang pemberiannya tidak diikuti dengan instrumen pengawasan dan penegakan regulasi (law enforcement).Deregulasi kepada perbankan ini membuat jumlah bank secara signifikan bertambah banyak, akibatnya banyak perbankan beroperasi secara tidak hati-hati (inprudent) seperti pelanggaran legal limit lending / 3L (batas pinjaman sesuai ketentuan).

 

2.  Dunia bisnis Indonesia tumbuh karena proteksi yang berlebihan dari pemerintah, baik dalam bentuk fasilitas monopoli, kartel, konsensi, tata niaga, dan lain-lain. Implikasinya, daya saingnya sangat rapuh sehingga ketika dihadapkan dengan kompetisi terbuka dalam pasar internasional, korporasi tersebut langsung ambruk.

 

3.  Dunia korporasi Indonesia sangat tergantung kepada bahan baku impor serta struktur keuangan yang lebih besar utang dibanding asetnya (terutama utang luar negeri). Akibatnya, begitu utang sampai pada jatuh tempo perusahaan kesulitan membayarnya.

 

2.  Menurut pendapat Anda, tantangan apa yang saja dihadapi perekonomian Indonesia saat ini ? Jelaskan!

      Pandemi Covid-19 telah membuat ekonomi Indonesia mengalami resesi di tahun

      2020. Di tahun depan, perekonomian masih dibayangi ketidakpastian. Kendati

      demikian, pemerintah berharap pemulihan ekonomi akan membaik secara

      signifikan di tahun 2021 ini.

 

      Di tahun depan, pemulihan ekonomi masih terus dilakukan. Pun, sejumlah

      tantangan masih akan harus dihadapi. Di antaranya tantangan stabilitas

      kesehatan, banyaknya jumlah pengangguran, dan krisis di sektor usaha, dan

      sektor riil yang berimbas kepada sektor keuangan.

 

 

Sumber :

Modul 4 BMP ISIP4310; Sistem Eakonomi Indonesia; Suharyono – Niam Sovie; Universitas Terbuka

https://www.cnbcindonesia.com/news/20201222112818-4-210813/penuh-tantangan-begini-ramalan-ekonomi-2021-sri-mulyani