DISKUSI 6 TUTORIAL ONLINE AKUTANSI MENENGAH (ADBI4335)

 

Forum Diskusi 6

Di dalam dunia bisnis, utang merupakan hal yang biasa untuk mendukung kelancaran  operasional bisnisnya.   Namun demikian, hutang lancar maupun hutang jangka panjang perlu dikelola dengan baik, agar dapat bermanfaat untuk meningkatkan usahanya.

Ada beberapa permasalahan yang biasanya dihadapi oleh pihak perusahaan dalam hubungannya dengan utang lancar (current liabilities),  coba anda jelaskan beberapa masalah yang seringkali terjadi tersebut dan sebagai langkah antisipasi,  apa solusinya sehingga operasional usaha/bisnisnya tidak terganggu.

 

 SELAMAT BERDISKUSI, SELAMAT BELAJAR



PENDAPAT DISKUSI :

 

 

Kewajiban lancar dapat diartikan sebagai kemungkinan pengorbanan masa depanatas manfaat ekonomi yang muncul dari kewajiban perusahaan pada masa sekaranguntuk mentransfer aktiva atau menyediakan jasa kepada entitas lainnya di masa depansebagai hasil dari transaksi atau kejadian pada masa lalu. Suatu hal dapat dikategorikan sebagai sebuah kewajiban apabila memenuhi tiga karakteristik utama, yaitu:

 

1. Merupakan kewajiban saat ini yang memerlukan penyelesaian dengan kemungkinan transfer masa depan atau penggunaan kas, barang, atau jasa.

2. Merupakan kewajiban yang tidak dapat dihindari.

3. Transaksi atau kejadian lainnya yang menciptakan kewajiban itu harus telah terjadi dimasa lalu.

 

Pengertian dari hutang lancar menurut Standar Akuntansi Keuangan atau SAK, hutang lancar adalah “hutang yang pelunasannya menggunakan sumber-sumber aktiva lancar atau dengan menciptakan hutang lancar baru.” Karena pembayaran atau pelunasan hutang lancar biasanya mengggunakan aktiva lancar, dalam akuntansi terdapat istilah rasio lancar (current ratio). Rasio lancar adalah perbandingan ukuran antara hutang lancar dengan aktiva lancar, yang digunakan para kreditur atau pemberi pinjaman untuk menilai apakah pihak yang akan diberi pinjaman memiliki kemampuan untuk melunasi hutang lancar mereka atau tidak.

 

Hutang lancar dikelompokkan pada dua kelompok, yaitu hutang dapat ditentukan jumlahnya dan hutang yang dapat ditaksir jumlahnya.

 

A. Hutang yang Dapat Ditentukan Jumlahnya

 

Yang dimaksud dengan hutang ini adalah segala hutang atau kewajiban yang jumlah nominal hutang dan waktu jatuh tempo sudah diketahuhi dengan pasti oleh kedua belah pihak, Yaitu :

- Hutang Dagang

- Hutang Dividen

- Biaya yang harus dibayar

- Uang Muka dan Jaminan yang Dapat Diminta Kembali

- Hutang Gaji dan Upah

- Hutang Bonus

 

B. Hutang yang Dapat Ditaksir Jumlahnya

 

Hutang ini merupakan hutang yang tidak dapat ditentukan dengan pasti, namun dapat ditaksir jumlah atau nominalnya. Hutang dalam kelompok ini hanya dapat ditaksir jumlahnya meskipun transaksi atau peristiwa yang terkait sudah terjadi, Yaitu :

- Hutang Pajak Penghasilan

- Hutang Hadiah

- Hutang Garansi

 

Mengingat utang lancar (current liabilities) memiliki jatuh tempo yang tidak lama (setahun atau kurang dari setahun), maka perusahaan harus mengelola risiko likuiditas dengan memastikan tersedianya kas dan setara kas yang cukup dan tersedianya pendanaan dari sejumlah fasilitas kredit yang mengikat untuk melunasi utang ini. Ketidakmampuan perusahaan dalam melunasi utang lancar akan berdampak pada operasional perusahaan, yaitu sampai dengan likuidasi apabila dinyatakan pailit. Perusahaan harus selalu memperhatikan rasio lancar perusahaan.

 

Semakin tinggi rasio lancarnya, semakin likuid perusahaannya. Hasil Current Ratio atau Rasio Lancar yang diterima pada umumnya adalah 2 kali. Rasio Lancar sebesar 2 kali ini dianggap sebagai posisi nyaman dalam keuangan bagi kebanyakan perusahaan. Namun pada dasarnya, Rasio Lancar yang dapat diterima ini bervariasi antara satu industri dengan industri lainnya. Bagi kebanyakan industri, Rasio Lancar sebesar 2 kali sudah dianggap dapatditerima atau “Acceptable“.

 

Nilai rendah pada Rasio Lancar (nilai yang kurang dari 1 kali) menunjukan bahwa perusahaan mungkin mengalami kesulitan untuk memenuhi kewajiban lancarnya. Namun Investor atau calon kreditur juga harus memperhatikan arus kas operasi perusahaan agar bisa lebih memahami tingkat likuiditas perusahaannya. Apabila Rasio Lancar Perusahaan rendah, para Investor atau calon kreditur dapat menilai kesehatan keuangan perusahaan yangbersangkutan dengan kondisi arus kas (cash flow) operasional pada perusahaan tersebut.

 

Jika rasio lancar terlalu tinggi (nilai yang lebih dari 2 kali), maka perusahaan tersebut mungkin tidak menggunakan aset lancar atau fasilitas pembiayaan jangka pendeknya secara efisien. Hal ini juga menunjukkan mungkin adanya masalah dalam pengelolaan modal kerja. Namun bagi Kreditur, Current Ratio yang tinggi lebih baik daripada current ratio yang rendah, karena dengan current ratio yang tinggi berarti perusahaan cenderung lebih dapat memenuhi kewajiban hutang yang jatuh tempo dalam 12 bulan ke depan.

 

 

Sumber Referensi :

- BMP ADBI 4335; Sri Daryanti; Akuntansi Menengah; Universitas Terbuka 2020

- Materi Inisiasi 6 Tutorial Online Mata Kulian Akuntansi Menengah Universitas Terbuka.