DISKUSI 4 TUTORIAL ONLINE MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA (ADBI4438)

 

DISKUSI 4 :

Sering kita dengar atau baca bahwa angka pengangguran di Indonesia sangat tinggi. Tetapi pada kenyataannya hampir setiap hari semua surat kabar memuat iklan lowongan kerja. Artinya banyak perusahaan membutuhkan tenaga kerja atau mungkin mengalami kesulitan untuk mencari tenaga kerja, padahal kenyataannya suplai tenaga kerja cukup banyak di pasaran. Menurut Anda apakah penyebabnya?

Selamat berdiskusi.


PENDAPAT DISKUSI :

Banyak perusahaan membutuhkan tenaga kerja atau mungkin mengalami kesulitan untuk mencari tenaga kerja, padahal kenyataannya suplai tenaga kerja cukup banyak di pasaran. apakah penyebabnya?

 

Korelasi pada soal diskusi ini,  yaitu antara perusahaan yang mencari tenaga kerja dan banyaknya pencari kerja (tenaga kerja) yang berharap diserap dunia kerja adalah keterkaitannya dengan Perencanaan Sumber Daya Manusia yang dilakukan Manajemen suatu perusahaan.

 

Suplai tenaga kerja yang cukup banyak di pasaran belum tentu memenuhi kriteria tertentu sebagai pegawai yang yang diharapkan oleh suatu perusahaan, bisa jadi tenaga kerja yang banyak di pasaran tersebut adalah tenaga yang tidak memiliki skill (low skill) dan merupakan tenaga kerja/buruh kasar yang lebih mengandalkan tenaga dan kekuatan fisik.

 

Sementara suatu perusahaan dalam rekruitmen pegawai / tenaga kerja memulainya dengan perencanaan sumber daya manusia (SDM) yang dibutuhkan. Perencanaan Sumber Daya Manusia menghasilkan informasi tentang kebutuhan karyawan di masa mendatang dan program-program yang harus dilakukan untuk menjamin tersedianya karyawan secara tepat, baik jumlah maupun jenis dan pada saat diperlukan, atau dengan kata lain perencanaan SDM mengahasilkan informasi tentang jumlah dan tipe karyawan yang dibutuhkan, perusahaan perlu tidaknya mengadakan proses peramalan (lowongan kerja) bagi tenaga kerja yang dibutuhkan.

 

Dalam proses peramalan tenaga kerja tersebut berbagai metode dapat digunakan, seperti analisis beban kerja (work load analysis), dan analisis angkatan kerja (work force analysis). Sedangkan untuk mengetahui tipe karyawan yang dibutuhkan oleh perusahaan/organisasi perlu dilakukan analisis jabatan . Kegiatan analisis jabatan akan menghasilkan informasi mengenai deskripsi jabatan (job descreption), yaitu suatu daftar mengenai apa yang harus dilakukan oleh suatu jabatan. Selanjutnya berdasarkan deskripsi jabatan tersebut akan disusun apa yang disebut dengan spesifikasi jabatan (job specification), yaitu tipe orang seperti apa yang dapat memegang jabatan yang akan diisi.

 

Sumber : Iswanto, Yun dan Yusuf, Adie. (2022). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Universitas Terbuka