DISKUSI 1 TUTORIAL ONLINE ASAS-ASAS MANAJEMEN (ISIP4111)

 


DISKUSI .1 :

Apa yang Saudara pahami tentang manajemen dan menurut Saudara apakah untuk menjadi seorang manajer hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang berbakat saja?

Berikan tanggapan Saudara! Diskusikan dalam forum ini!

Selamat berdiskusi.


PENDAPAT DISKUSI 1 :

Banyak pendapat tentang pengertian manajemen, tetapi pendapat umum berkesimpulan bahwa manajemen sebagai bagian dari seni atau praktek sekurang-kurangnya memerlukan suatu pertimbangan dan pikiran yang sehat, disamping itu manajemen juga merupakan pengetahuan yang terus berkembang  yang dapat dipelajari, dipikirkan dan dipergunakan oleh setiap orang.

Manajemen memiliki pengertian yang mengandung seni dan ilmu. Manajemen dikatakan seni, karena manajemen membuat orang-orang bekerja lebih efektif. Manajemen adalah ilmu karena dalam manajemen terdapat cara bagaimana seseorang membuat orang-orang bekerja lebih efektif.

Pengertian manajemen secara tradisional sering mengarah pada aktivitas (dan grup) yang melibatkan empat fungsi manajemen yaitu planning (perencanaan), organizing the resources (pengorganisasian sumber daya), leading (kepemimpinan), dan controlling (kontrol) atau coordinating (koordinasi).

Manajemen sebagai fungsi yang dilaksanakan oleh manajer sangat berhubungan dengan usaha manajer lewat kerjasama dengan orang lain untuk mencapai sasaran (objective) tertentu dengan jalan menggunakan sumber-sumber yang tersedia sebaik mungkin. Hal ini menyebabkan manajer senantiasa terlibat dengan pembuatan keputusan (decision making) yang setiap saat harus dilakukannya sehubungan dengan usaha kelompok yang berada dibawah pimpinannya. Oleh sebab itu, sering didefinisikan bahwa management is getting things done through other people, dan lainnya mendefinisikan management is decision making.

Namun, definisi ini masih perlu ditambah dengan kata-kata apabila ia memiliki rasa tanggung jawab untuk melaksanakannya sebagai seorang pemimpin. Hal ini perlu agar setiap manajer merasa bahwa ia bukanlah seorang yang dapat dengan seenaknya merasa seperti seorang ‘raja’ yang menginginkan orang-orang harus bekerja untuknya.

Dapat disimpulkan bahwa untuk menjadi seorang manajer itu disamping berbakat ia juga harus dapat mempengaruhi orang agar bekerja lebih efektif sekurang-kurangnya dengan suatu pertimbangan dan pikiran yang sehat serta memiliki pengetahuan melalui pengalamannya yang ia pelajari, pikirkan, dan gunakan untuk menguasai pekerjaannya.

 

Sumber : Raharja, Jaja, Sam’un. (2022). Asas-Asas Manajemen. Jakarta : Universitas Terbuka