DISKUSI 1 TUTORIAL ONLINE KEBIJAKAN BISNIS (ADBI4437)

 


DISKUSI .1 :

Pada level puncak, strategi perusahaan ditetapkan untuk menentukan arah dan keterpaduan perusahaan. Mengingat pentingnya penetapan strategi korporasi maka perusahaan harus melakukan tahapan-tahapan dengan baik.

Diskusikan bagaimana penetapan strategi korporasi suatu perusahaan dilakukan!

Salam: Tutor


PENDAPAT DISKUSI :

Definisi Strategi berasal dari Bahasa Yunani Strategos yang artinya komando umum dari suatu militer (stratos; militer, dan agos; memimpin), sedangkan konsep strategi sendiri adalah sumber utama dari konsep kebijakan dan semua aktivitas secara keseluruhan dalam manajerial.

Penetapan strategi korporasi suatu perusahaan seharusnya dilakukan sebagai berikut :

- Bila perusahaan memiliki unit usaha bisnis hanya satu macam, maka pihak manajemen paling atas tidak hanya bertanggung jawab untuk menentukan strategi yang luas dalam lingkungan makro atau strategi korporat tapi juga strategi dari unit bisnis, lalu pada level departemen fungsional pemilihan strategi ini diserahkan pada manajer masing-masing departemen.

- Bila perusahaan memiliki unit usaha memiliki yang banyak macamnya, maka tingkat manajemen dibagi menjadi tiga level, yaitu tingkat korporasi untuk menentukan arah dan keterpaduan perusahaan, tingkat bisnis untuk diterapkan pada divisi perusahaan agar bisa mengetahui ragam hasil dan proses pekerjaan dari masing-masing divisi, dan tingkat kegiatan fungsional untuk pemanfaatan atau maksimalisasi sumber daya secara produktif.

 

Sumber : Hamid, Djamhur & Zainul Arifin. (2022). Kebijakan Bisnis. Jakarta : Universitas Terbuka