DISKUSI 1 TUTORIAL ONLINE PENGANTAR STATISTIK SOSIAL (ISIP4215)

 

DISKUSI .1 :

Saudara mahasiswa, Anda diharapkan sudah mempelajari Modul 1 BMP ISIP42151 Pengantar Statistik Sosial tentang Konsep Dasar Statistika. Untuk mengetahui tingkat penguasaan Anda terhadap modul tersebut, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan tepat dan lengkap.

  1. Jelaskan perbedaan antara statistika deskriptif dan statistika inferensi secara rinci? Berikan contoh kongkrit masing-masing 2 buah supaya uraiannya lebih jelas!
  2. Tuliskan 5 manfaat statistika yang berkaitan dengan bidang pekerjaan anda! Tuliskan juga keterangan bidang pekerjaan anda saat ini atau pekerjaan yang pernah dijalani.
  3. Seorang peneliti membuat kuesioner penelitian untuk diberikan kepada responden yang terdiri dari 10 pertanyaan. Tugas anda adalah melakukan identifikasi dan menuliskan jenis variabel dan skala pengukuran dari jawaban untuk setiap item pertanyaan yang dibuat.   Jenis Variabel = Kuantitatif atau kualitatif.    Skala Pengukuran = skala nominal, ordinal, interval atau rasio

No

Pertanyaan

Klasifikasi Jawaban dari pertanyaan

Jenis Variabel

Skala Pengukuran

1

Jenis kelamin

 

 

2

Agama

 

 

3

Pekerjaan

 

 

4

Pendapatan

 

 

5

Status pernikahan

 

 

6

Jumlah anggota keluarga

 

 

7

Golongan darah

 

 

8

Pendidikan terakhir

 

 

9

Suhu badan

 

 

10

Tinggi badan

 

 

 

 

 

PENDAPAT DISKUSI  :

1.   Jelaskan perbedaan antara statistika deskriptif dan statistika inferensi secara rinci? Berikan contoh kongkrit masing-masing 2 buah supaya uraiannya lebih jelas!

Statistika Deskriptif ; membahas tentang tata cara-cara pengumpulan data, penyederhanaan angka pengamatan yang diperoleh, serta melakukan ukuran pemusatan dan penyebaran untuk memperoleh informasi yang menarik, berguna dan mudah dipahami. Dengan kata lain, statistika deskriptif adalah penggambaran data yang telah dikumpulkan. Banyak cara yang bisa digunakan untuk menggambarkan data, bisa menggunakan tabel distribusi, diagram, atau dalam bentuk narasi.

Contoh Statistika Deskriptif :

Jumlah Penduduk Lima Negara Terbesar di Dunia Tahun 2005  

No.

Nama Negara

Jumlah Penduduk (Juta Jiwa)

1

Cina

1.303,7

2

India

1.103,4

3

Amerika Serikat

296,5

4

Indonesia

221,9

5

Brazil

184,2

 

 

Statistika Inferensia ; cara menganalisa data serta mengambil kesimpulan (terkait dengan estimasi parameter dan pengujian hipotesis). Statistika inferensia berkaitan dengan analisis sebagian data sampai ke peramalan atau penarikan kesimpulan mengenai keseluruhan data.

Contoh Statistika Inferensia :

Meski dianggap gagal menciptakan perubahan dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat, otonomi daerah masih dianggap oleh mayoritas masyarakat Indonesia (73%), hanya 27% yang menyatakan menolak otonomi daerah. Jumlah sampel 1240, dengan margin of error +/- 3% pada tingkat kepercayaan 95%. Responden tersebar di 33 provinsi dengan jumlah responden yang proporsional sesuai dengan jumlah penduduk di masing-masing provinsi.

 

2.   Tuliskan 5 manfaat statistika yang berkaitan dengan bidang pekerjaan anda! Tuliskan juga keterangan bidang pekerjaan anda saat ini atau pekerjaan yang pernah dijalani.

Manfaat Statistika Bagi saya seorang Civil Engineering (Teknik Sipil) :

1. Penyedia data yang kredibel

2. Menganalisa data dengan tepat

3. Menginterpretasi data dengan tepat

4. Menarik Kesimpulan yang logis dan faktual

5. Membantu pengambilan keputusan.

 

3.   Seorang peneliti membuat kuesioner penelitian untuk diberikan kepada responden yang terdiri dari 10 pertanyaan. Tugas anda adalah melakukan identifikasi dan menuliskan jenis variabel dan skala pengukuran dari jawaban untuk setiap item pertanyaan yang dibuat.   Jenis Variabel = Kuantitatif atau kualitatif.    Skala Pengukuran = skala nominal, ordinal, interval atau rasio

No

Pertanyaan

Klasifikasi Jawaban dari pertanyaan

Jenis Variabel

Skala Pengukuran

1

Jenis kelamin

 Kualitatif

 Nominal

2

Agama

 Kualitatif

 Nominal

3

Pekerjaan

 Kualitatif

 Ordinal

4

Pendapatan

 Kuantitatif

Ordinal dan Rasio

5

Status pernikahan

 Kualitatif

 Nominal

6

Jumlah anggota keluarga

 Kuantitatif

 Rasio

7

Golongan darah

 Kualitatif

 Ordinal

8

Pendidikan terakhir

 Kualitatif

 Nominal

9

Suhu badan

 Kuantitatif

 Rasio

10

Tinggi badan

 Kuantitatif

 Rasio

 


Sumber : Prasetyo, Bambang. (2022). Pengantar Statistik Sosial. Jakarta : Universitas Terbuka