DISKUSI 3 TUTORIAL ONLINE MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA (ADBI4438)

DISKUSI 3 :

Teman2 mahasiswa,

Mengingat pentingnya pengetahuan tentang analisis jabatan, tentu Anda harus memahami benar apa itu analisis jabatan. Untuk itu, saya minta Anda dapat menjelaskan apa yang dimaksud dengan analisis jabatan. Selanjutnya di dalam materi Inisiasi sudah dikatakan bahwa analisis jabatan merupakan dasar dari aktivitas Manajemen SDM, dapatkah  Anda jelaskan apa yang menjadi hasil dari analisis jabatan dan bagaimana menggunakan hasil analisis jabatan tersebut pada proses seleksi dan penempatan?

Selamat berdiskusi.


PENDAPAT DISKUSI :

Anda harus memahami benar apa itu analisis jabatan. Untuk itu, saya minta Anda dapat menjelaskan apa yang dimaksud dengan analisis jabatan :

 

Analisis Jabatan merupakan hal mendasar dalam proses pengembangan sumber daya manusia. Tanpa adanya data yang akurat tentang profil dari masing-masing jabatan, jenis-jenis kemampuan dan keterampilan yang dibutuhkan, serta pengalaman dan pendidikan yang dipersyaratkan untuk menduduki jabatan tersebut, maka proses pengembangan sumber daya manusia akan menjadi sulit.

 

Rekrutmen, seleksi, dan penempatan akan timpang karena tidak diimbangi informasi yang memadai dan akurat, pengembangan dan pelatihan mungkin tidak dapat mencapai tujuan, begitu juga halnya dengan manajemen penilaian kerja.

 

 

Anda jelaskan apa yang menjadi hasil dari analisis jabatan dan bagaimana menggunakan hasil analisis jabatan tersebut pada proses seleksi dan penempatan :

 

Hasil dari analisis Jabatan adalah adanya informasi yang eksplisit dan terinci mengenai setiap jabatan yang ada. Informasi tadi selanjutnya dipergunakan dalam proses seleksi serta penempatan kerja. Hal ini mengingat proses seleksi proses yang menentukan pemilihan calon karyawan.Pemilihan tadi misalnya adalah calon karyawan dengan kondisi bagaimana yang akan di cari, sumber calon karyawan apakah dari internal organisasi yang sudah terdapat atau asal-asal eksternal organisasi, serta persyaratan-persyaratan lain yang lebih rinci sesuai menggunakan jabatan yang akan diberikan. Dengan adanya informasi analisis jabatan, maka calon karyawan yang memenuhi kriteria yang akan menduduki jabatan yang di cari.

 

Sumber : Iswanto, Yun dan Yusuf, Adie. (2022). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Universitas Terbuka