DISKUSI 1 TUTORIAL ONLINE KEWIRAUSAHAAN (ADBI4440)

 

DISKUSI  1 :

Masa lalu, masyarakat umum beranggapan bahwa seseorang yang mempunyai jiwa kewirausaah adalah karena bawaan dari orang tuanya, yang mengajari secara langsung di lapangan. Akan tetapi pada saat ini, paradigma tersebut sudah bergeser. Kewirausahaan sebagai disiplin ilmu dapat dipelajari dan dipraktikkan oleh setiap orang.

Bagaimana pendapat Anda mengenai statement di atas? Berikan contoh kongkritnya.

Diskusikan dengan teman peserta lainnya, berikan tanggapan terhadap pendapat dari teman lain dengan memberikan argumentasi secara ilmiah. Dengan demikian, diharapkan dapat terjadi diskusi secara mendalam terhadap tpik pada sesi ini. Jangan takut salah dalam memberikan tanggapan, karena kita semua sedang belajar.

Selamat berdiskusi.

 

PENDAPAT DISKUSI 1 :

Jiwa Kewirausahaan atau Karakter Kewirausahaan itu sebenarnya dibangun, bukan dilahirkan atau diciptakan. Alasannya adalah karakter seorang wirausahawan yaitu harus membangun rasa tanggung jawab atas usaha-usahanya, lebih memilih  resiko yang moderat, percaya akan kemampuan dirinya untuk berhasil, selalu menghendaki umpan balik  yang segera, berorientasi ke masa depan, memiliki semangat kerja keras untuk mewujudkan keinginannya, dan memiliki keterampilan dalam mengorganisasikan sumber daya untuk menciptakan nilai tambah, semua itu haruslah dibangun dari diri sendiri seorang wirausahawan.

 

Sumber : Raharja, Jaja, Sam’u, dan Ratih Purbasari (2022). Kewirausahaan. Jakarta : Universitas Terbuka