DISKUSI 4 TUTORIAL ONLINE LOGIKA (ISIP4211)

 

DISKUSI  4 :

Pada diskusi minggu keempat ini, terlebih dahulu silahkan Anda simak materi Inisias 4 tentang Proposisi Kategoris. Selanjutnya Anda jawab dan diskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut ini:

1.   Jelaskan proposisi kategoris itu? Berikan contoh?

2.   Kenapa ada negasi proposisi kategoris? Berikan contoh.

Silahkan berdiskusi,

Tutor

 

PENDAPAT DISKUSI  :

1. Jelaskan proposisi kategoris itu? Berikan contoh?

Proposisi Kategoris adalah suatu pernyataan yang terdiri atas hubungan dua term sebagai subjek dan predikat serta dapat bernilai benar atau salah. Hubungan ini berbentuk pengiyaan (afirmasi) atau pengingkaran (negasi), Proporsi kategoris terdiri atas empat unsur, dan diantaranya merupakan materi pokok proposisi, sedangkan dua yang lain sebagai hal yang menyertainya.

Empat unsur yang dimaksud adalah :

1. Term sebagai Subjek, yaitu hal yang diterangkan dalam pernyataan, yang disimbolkan dengan “S”.

Contoh :

Semua organisme berkembang biak.  Yang sebagai subjek adalah : term “organisme”, sebagai predikat adalah term “berkembang biak”.

2. Term sebagai predikat, yaitu hal yang menerangkan dalam pernyataan yang sering disimbolkan dengan “P”.

Contoh :

Semua Cendikiawan adalah manusia pemikir. Yang sebagai subjek adalah “term” cendikiawan, sebagai predikat adalah term “manusia pemikir”

3. Kopula; yaitu hal yang mengungkapkan adanya hubungan antara subjek dan predikat, dapat mengiyakan atau mengingkari, afirmatif atau negatif yang menunjukkan kualitas pernyataan.

Hal ketiga ini sering pemberi bentuk dan juga kopula tidak diperlihatkan khusus yang afirmatif atau positif, serta tidak mengubah makna , hanya diperkirakan saja.

Contoh :

Semua Rakyat Indonesia adalah berketuhanan Yang Maha Esa, sama saja bila dinyatakan : Semua Rakyat Indonesia Berketuhanan Yang Maha Esa.

4. Kuantor; yaitu pembilang yang menunjukkan lingkungan yang dimaksud oleh subjek, dapat berbentuk universal atau partikular, yang sekaligus juga menunjukkan kuantitas pernyataan.

 

 

2. Kenapa ada negasi proposisi kategoris? Berikan contoh.

Negasi proposisi kategoris merupakan ingkaran dari pernyataan atas hubungan dua term sebagai subjek dan predikat.

 

Contoh :

“Sekarang hari hujan”, maka ingkaran dari suatu pernyataan ingkaran tersebut adalah “Sekarang hari tidak hujan”.

 

Jika pernyataan awal bernilai benar, maka ingkaran atau negasi dari pernyataan tersebut bernilai salah, Sebaliknya pernyataan awal bernilai salah, maka negasi dari pernyataan tersebut bernilai benar.

 

Empat proposisi kategoris yang diingkari yaitu :

1. Proposisi universal afirmatif menjadi negasi universal afirmatif yaitu ingkaran pernyataan umum mengiyakan adanya hubungan subjek dan predikat, misalnya : Bukan semua Rakyat Indonesia Berketuhanan Yang Maha Esa.

 

2. Proposisi universal negatif menjadi negasi universal negatif, yaitu ingkaran pernyataan umum mengingkari adanya hubungan subjek dan predikat, misalnya :  “ Bukan Rakyat Indonesia tidak boleh mengikuti aliran komunis “

 

3. Proposisi particular afirmatif menjadi negasi particular afirmatif, yaitu pernyataan ingkaran khusus yang mengiyakan adanya hubungan subjek dengan predikat, misalnya :  “ Bukan sebagai sarjana hukum yang ahli politik “

 

4. Proposisi particular negatif menjadi negasi particular negatif, yaitu ingkaran khusus yang mengingkari adanya hubungan subjek dengan predikat, misalnya :  “ Tidak ada sarjana hukum bukan ahli politik “

 

 

.

Sumber : Bakry, Muhsin, Noor & Sonjoruri Budiani Trisakti. (2017). Logika. Jakarta : Universitas Terbuka