DISKUSI 1 TUTORIAL ONLINE STUDI KELAYAKAN BISNIS (EKMA4311)

 

DISKUSI .1 :

Saudara Mahasiswa, silahkan diskusikan topik berikut ini…!

Dalam Studi kelayakan bisnis dibahas keterkaitan antara studi kelayakan dengan manajemen dan ketidakpastian. Jelaskan bagaimana keterkaitan antara studi kelayakan perusahaan dengan ketidakpastian!

Selamat berdiskusi

 

PENDAPAT DISKUSI :

Dalam penilaian studi kelayakan proyek, perusahaan perlu menyadari bahwa proyeksi atau peramalan-peramalan memiliki kemungkinan tidak tercapai. Hal ini terjadi disebabkan oleh faktor ketidakpastian dalam proses pengambilan keputusan. Risiko bisa didefinisikan sebagai kenyataan yang ada kondisinya lebih buruk dibandingkan dengan peramalannya atau seluruh penyimpangan dari yang diharapkan.

Misalnya ;  dalam studi kelayakan diramalkan bahwa penjualan pada tahun pertama operasi perusahaan mencapai 100.000 unit, tetapi pada kenyataannya penjualan hanya mencapai 60.000 unit. Risiko seperti yang terdapat pada contoh tersebut perlu diperhitungkan sebelumnya dan dipertimbangkan dalam penyusunan studi kelayakan perusahaan.

 

Kadar ketidakpastian proyek akan mempengaruhi intensitas dari studi kelayakan. Semakin sulit untuk memperkirakan penjualan, biaya, aliran kas, dan lain-lain akan semakin hati-hati seseorang dalam melakukan studi kelayakan. Misalnya, bagi proyek-proyek yang menghasilkan produk baru umumnya relatif sulit dalam memperkirakan proyeksi penjualannya. Berbagai cara ditempuh untuk mengatasi ketidakpastian ini. Misalnya dengan analisis sensitivitas, tafsiran konservatif.

 

 

Sumber : Yulianti, Handaru, Sri dan Tamjuddin. (2022). Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta : Universitas Terbuka