DISKUSI 2 TUTORIAL ONLINE MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA (ADBI4438)

 

DISKUSI  2 :

Teman2 mahasiswa,

Sebagai bahan diskusi, coba diskusikan apa yang dimaksud dengan tantangan MSDM ?

Selamat berdiskusi


PENDAPAT DISKUSI :

Tantangan Manajemen Sumber Daya Manusia menunjukkan bagaimana praktek manajemen sumber daya manusia diselenggarakan dalam konteks adanya berbagai perubahan yang menyangkut perubahan keberagaman di tempat kerja, perubahan peraturan perundang-undangan, perubahan organisasi secara struktural, dan perubahan secara teknologis dan pendekatan manajerial.

 

Secara lebih rinci berbagai tantangan tersebut dijelaskan sebagai berikut :

1. Keberagaman Angkatan Kerja

Salah satu tantangan bagi manajemen sumber daya manusia (saat ini dan di masa mendatang) alah kecendrungan munculnya keberagaman angkatan kerja. Dimensi keberagaman ditempat kerja mencakup diantaranya; usia, suku bangsa, asal keturunan, jender, kemampuan/kualitas fisik, ras, orientasi seksual, latar belakang pendidikan, lokasi geografi, pendapatan, status perkawinan, keyakinan agama, dan pengalaman kerja.

Dimasa mendatang keberhasilan organisasi sangat tergantung pada kemampuannya mengelola keberagaman bakat (talenta) karyawan yang dapat menghasilkan ide-ide, perspektif, dan pandangan kerja yang inovatif. Tantangan dan problema yang dihadapi dalam keberagaman di tempat kerja tersebut akan dapat beralih menjadi aset organisasional stratejik jika organisasi mampu memanfaatkan keberagaman bakat tersebut dengan baik.

 

2. Perubahan Peraturan Perundang-undangan

Undang-Undang, Peraturan-peraturan pemerintah baik pusat maupun daerah, serta keputusan-keputusan pengadilan adalah cukup signifikan berpengaruh terhadap manajemen sumber daya manusia. Banyaknya peraturan perundang-undangan yang dikeluarkan oleh pemerintah telah meletakkan beban berat bagi manajer sumber daya manusia. Seringkali aturan-aturan yang baru tersebut memerlukan kajian akademik yang signifikan dan beban ini pada umumnya akan jatuh  pada manajemen sumber daya manusia.

 

3. Perubahan Organisasi secara struktural

Beberapa perubahan struktural suatu organisasi diantaranya disebabkan oleh adanya perampingan organisasi (downsizing), outsourcing, dan reengineering.

Downsizing adalah proses pengurangan sejumlah besar manajer dan karyawan.

Outsourcing adalah mengacu pada pekerjaan yang disubkontrakkan kepada suatu perusahaan lain yang memang spesialis didalam tugas-pekerjaan yang di subkontrakkan tersebut.

Reengineering mengacu pada proses pemikirqan ulang secara mendasar dan pendesaianan ulang proses bisnis secara radikal untuk mencapai perbaikan-perbaikan secara dramatis pada biaya, kualitas, pelayanan, dan kecepatan.

 

4. Perubahan secara Teknologis dan Manajerial di dalam Organisasi.

Munculnya teknologi dan pendekatab manajemen baru telah menambah tantangan yang dihadapi oleh manajer sumber daya manusia. Tingkat akselerasi teknologi yang telah meningkat menyebabkan sejumlah perusahaan melakukan operasi yang sangat berbeda dari sebelumnya. Dalam konteks manajemen sumber daya manusia, perhatian utama ditujukan pada dampak perubahan secara teknologi tersebut terhadap penyelenggaraan bisnis.

Perubahan Manajerial dalam organisasi yang memiliki dampak pada manajer sumber daya manusia pada saat ini adalah pemberdayaan karyawan dan tim kerja yang mandiri.

 

Sumber : Iswanto, Yun dan Yusuf, Adie. (2022). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Universitas Terbuka