DISKUSI 4 TUTORIAL ONLINE ASAS-ASAS MANAJEMEN (ISIP4111)

 

DISKUSI 4 :

Forum Diskusi 4  ISIP4111-Asas Asas Manajemen

Menurut Saudara, mengapa fungsi pengorganisasian dianggap sebagai fungsi yang penting dalam manajemen?

Selamat berdiskusi. Keaktifan Saudara dalam diskusi ini akan memperoleh nilai.

Hindari plagiasi, jika mengutip pendapat orang lain silahkan menyebutkan sumbernya.

Salam: Tutor


PENDAPAT DISKUSI 4 :

Fungsi-fungsi manajemen secara khusus menguraikan pekerjaan atau tugas-tugas manajer. Secara umum fungsi-fungsi manajemen adalah perencanaan, pengorganisasian, pengarahan atau kepemimpinan, dan pengawasan atau pengendalian dan kadang-kadang dengan beberapa tambahan fungsi-fungsi lainnya.

Fungsi-fungsi manajemen mendefinisikan proses manajemen berbeda dari fungsi-fungsi bisnis seperti akutansi, keuangan, pemasaran, dan fungsi bisnis lainnya. Fungsi-fungsi tersebut berguna dalam mengklasifikasikan informasi tentang manajemen.

Fungsi pada dasarnya adalah bentuk penyederhanaan (pemodelan) yang berasal dari dunia nyata atau juga dunia ide yang rumit kalau dideskripsikan secara terinci. Untuk memberikan kemudahan dalam memahami hal tersebut, maka kemudian diringkas atau dirumuskan dalam sebuah fungsi. Hal yang sama berlaku dalam manajemen. Manajemen sebagai proses merupakan suatu yang rumit kalau harus dijelaskan satu persatu. Dengan melakukan penyederhanaan dapat dikenali kegiatan utama dari manajemen sebagai proses, yang kemudia disebut atau dikenal sebagai Fungsi-Fungsi Manajemen.

Fungsi Pengorganisasian sebagai salah satu fungsi sangatlah penting dalam manajemen, Karena Fungsi pengorganisasian adalah Fungsi Manajemen yang didalamnya meliputi kegiatan yang melibatkan kegiatan atau terkandung pembuatan atau pengembangan struktur organisasi dan alokasi (pembagian) sumber daya manusia untuk menjamin tercapainya sasaran organisasi.Struktur Organisasi adalah suatu kerangka hubungan kerja yang didalamnya membutuhkan upaya kordinasi. Struktur biasanya dicerminkan oleh suatu bagan organisasi yang menyediakan sebuah grafik rantai komando dalam sebuah organisasi. Pembuatan keputusan yang berkaitan dengan struktur organisasi umumnya mengacu kepada keputusan desain organisasi.

Dalam pengorganisasian juga didalamnya meliputi desain pekerjaan secara perorangan dalam organisasi. Keputusan-keputusan yang harus dibuat tentang tugas dab tanggung jawab pekerjaan secara individual termasuk juga cara bagaimana pekerjaan tersebut harus dilaksanakan. Keputusan membuat tentang sifat dan jenis pekerjaan dalam organisasi lazimnya disebut keputusan desain pekerjaan.

Pengorganisasian pada tingkatan organisasi meliputi keputusan untuk menetapkan pemilihan terbaik departementasi atau pengelompokkan pekerjaan (job cluster) ke dalam departemen untuk dapat dikoordinasikan secara efektif. Dalam hal ini banyak sekali cara-cara departementasi yang berbeda-beda seperti berdasarkan fungsi, produk, wilayah geogradi, atau pelanggan. Organisasi-organisasi besar menggunakan metode campuran atau hybrida.

Sedangkan pengorganisasian pada level pekerjaan meliputi pemilihan terbaik desain pekerjaan individual supaya dapat menggunakan sumber daya manusia secara efektif . Secara tradisional, prinsip desain pekerjaan berdasarkan prinsip pembagian kerja dan spesialisasi , didasarkan pada asumsi semakin “sempit” (terspesialisasi) isi pekerjaan akan semakin ahli dalam melaksanakan pekerjaan. Namun demikian, pengalaman menunjukkan bahwa memang memungkinkan suatu pekerjaan yang menjadi sangat sempit dan terspesialisasi , namun ketika hal ini terjadi akan menghasilkan keluaran yang negatif, termasuk di dalamnya penurunan kepuasan kerja serta komitmen organisasi dan meningkatnya perpindahan atau berhenti dari pekerjaan.

Saat ini banyak organisasi telah melakukan upaya untuk menyeimbangkan anatar kebutuhan spesialisasi pekerja dengan kebutuhan pekerja untuk memiliki pekerjaan yang membutuhkan variasi dan otonomi. Banyak pekerjaan saat ini didesain berdasarkan prinsip-prinsip pengayaan pekerjaan dan tim kerja.

 

 

Sumber : Raharja, Jaja, Sam’un. (2022). Asas-Asas Manajemen. Jakarta : Universitas Terbuka