DISKUSI 2 TUTORIAL ONLINE KEBIJAKAN BISNIS (ADBI4437)

 

DISKUSI  2 :

Forum Diskusi 2

Diskusikan dengan teman Anda tentang:

1. Arti penting lingkungan tugas bagi penyusun strategi!

2. Keterkaitan supplier dalam menunjang kinerja perusahaan!

Salam: Tutor


PENDAPAT DISKUSI 2 :

1. Arti penting lingkungan tugas bagi penyusun strategi!

Lingkungan Tugas merupakan lingkungan eksternal yang sifatnya mikro yang mempunyai pengaruh langsung terhadap aktivitas perusahaan. Lingkungan Tugas meliputi pemegang Saham, Pemasok, Pelanggan, Pemerintah, Pekerja/Serikat Pekerja, Pesaing, dan lain-lain.

Dalam menjalankan tugasnya, para penyusun strategi perlu melakukan analisis terhadap elemen-elemen lingkungan tugas tersebut agar hasil rumusannya dapat di implementasikan secara maksimal dan tidak berbenturan dengan kepentingan dari elemen-elemen tersebut.

Bagi penyusun strategi menganalisa lingkungan eksternal mempunyai arti yang sangat penting. Jika analisis lingkungan internal memfokuskan pada analisis kekuatan dan kelemahan , analisis lingkungan eksternal menitikberatkan pada faktor-faktor yang berkaitan dengan peluang dan ancaman. Analisis lingkungan eksternal terdiri atas analisis lingkungan tugas dan analisis sosial.

 

2. Keterkaitan supplier dalam menunjang kinerja perusahaan!

Keberadaan pemasok (supplier) merupakan bagian yang ikut menunjang kegiatan operasional sebuah perusahaan. Hal ini karena pemasok dapat membelikan atau mengirimkan bahan yang diperlukan oleh perusahaan.

Hubungan antara perusahaan dan pemasok hendaknya dapat dibina dan dikembangkan sesuai dengan kebutuhan, situasi, serta kondisi tempat perusahaan berada. Hubungan yang terbina dengan baik tentunya akan memberikan dampak positif bagi keberadaan perusahaan , yaitu antara perusahaan dan pemasok menyadari akan peran dan posisi masing-masing sehingga terdapat kesesuaian wawasan diantara keduanya. Pemasok akan berpikir dan akhirnya melakukan aktivitas agar apa yang dipasok dapat diterima oleh perusahaan.  Begitu pula halnya dengan perusahaan, bagaimana memosisikan pemasok sehingga menjadikan suatu kekuatan yang dapat menunjang aktivitas perusahaan tersebut.

Peran pemasok dalam menunjang kinerja perusahaan mencakup beberapa elemen (unsur) yang terkait di dalamnya. Adapun peran atau keterkaitan supplier (pemasok) terhadap perusahaan diantaranya sebagai berikut :

1. Pemasok Berperan dalam Kelancaran Penyediaan Bahan Baku.

Persediaan bahan-bahan  yang diperlukan oleh perusahaan pada umumnya berasal dari pemasok, Kalau kondisi pasokan dari pemasok tidak dapat berjalan dengan baik, secara otomatis hal itu akan memengaruhi proses selanjutnya dalam perusahaan.

2. Pemasok Berperan dalam Menentukan  Kualitas dan Harga Bahan Baku

Dapat terjadi suatu kondisi saat kualitas atau mutu bahan baku yang dikirimkan pemasok bermutu baik, tetapi harga yang ditawarkan pemasok cukup tinggi. Hal ini umumnya disebabkan pemasok merupakan pemasok yang utama bagi perusahaan dan pemasok tersebut mempunyai jalur pemasok yang luas sehingga dapat mengendalikan harga.

3. Pemasok Berperan dalam Ketetapan Penyerahan Bahan (Lead Time)

Harus diperhatikan waktu memulai (lead time) sebagai faktor pembatas yang potensial bagi suatu perencanaan perusahaan. Kalau persediaan bahan baku sebagai salah satu faktor produksi tidak ada pada saat atau waktu yang dibutuhkan, kondisi perencanaan strategis seperti ini tidak akan efektif tau bahkan mungkin terbatas dalam pengertian pengaturan waktunya. Adanya keterbatasan dalam penyerahan  bahan-bahan dari pemasok pada akhirnya dapat mengubah rotasi waktu penyerahan produk-produk perusahaan kepada konsumen atau pasar.

 

 

Sumber : Hamid,Djamhur dan Zainul Arifin (2022). Kebijakan Bisnis. Jakarta : Universitas Terbuka