DISKUSI 2 TUTORIAL ONLINE ASAS-ASAS MANAJEMEN (ISIP4111)

 

Forum Diskusi 2

Pada Materi Sebelumnya, kita telah mempelajari tentang pengertian manajemen dan ruang lingkupnya. Selanjutnya, pada sesi 2 ini, kita akan mempelajari tentang Fungsi-fungsi manajemen. Materi inisiasi disampaikan dalam bentuk power point. Jangan lupa juga untuk membaca modul Asas-Asas Manajemen yang telah Saudara miliki.

Forum Diskusi 2 ISIP4111-Asas Asas Manajemen

 

Pada Materi Sebelumnya, kita telah mempelajari tentang pengertian manajemen dan ruang lingkupnya. Selanjutnya, pada sesi 2 ini, kita akan mempelajari tentang Fungsi-fungsi manajemen. Materi inisiasi disampaikan dalam bentuk power point. Jangan lupa juga untuk membaca modul Asas-Asas Manajemen yang telah Saudara miliki.


Silahkan Anda diskusikan tentang pendapat Henry Mintzberg terkait  fungsi-fungsi manajemen.


Selamat belajar dan berdiskusi. Keaktifan Saudara dalam diskusi ini akan memperoleh nilai.

Hindari plagiasi, jika mengutip pendapat orang lain silahkan menyebutkan sumbernya.

Salam: Tutor



PENDAPAT DISKUSI 2 :

Fungsi manajemen secara khusus menguraikan pekerjaan atau tugas-tugas manajer. Secara umum fungsi-fungsi manajemen adalah perencanaan, pengorganisasia, pengarahan atau kepemimpinan, dan pengawasan atau pengendalian dan kadang-kadang dengan beberapa tambahan fungsi-fungsi lainnya.

Fungsi-fungsi manajemen mendefinisikan proses manajemen berbeda dari fungsi-fungsi bisnis seperti akuntansi, keuangan, pemasaran, dan gungsi bisnis lainnya. Fungsi-fungsi tersebut berguna dalam mengklasifikasikan informasi tentang manajemen dan menjadi dasar buku-buku manajemen sejak tahun 1950-an.

Fungsi pada dasarnya adalah bentuk penyederhanaan (pemodelan) yang berasal dari dunia nyata atau juga dunia ide yang rumit kalau dideskripsikan secara terinci. Untuk memberikan kemudahan dalam memahami hal tersebut, maka kemudian diringkas atau dirumuskan dalam sebuah fungsi. Hal yang sama berlaku dalam manajemen. Manajemen sebagai proses merupakan suatu yang rumit kalau harus dijelaskan satu persatu. Dengan melakukan penyederhanaan dapat dikenali kegiatan utama dari manjemen sebagai proses, yang kemudia disebut atau dikenal sebagai Fungsi-Fungsi Manajemen.

Pada awal tahun 19070-an beberapa ahli menyatakan bahwa fungsi-fungsi manajemen sebagaimana diuraikan oleh Henri Fayol dan yang lainnya dari aliran proses tidak menguraikan secara akurat atas realitas pekerjaan manajer atau pimpinan. Salah satu kritikus terkemuka terhadap pendekatan fungsi adalah Henry Mintzberg.

Mintzber beralasan bahwa fungsi atau proses manajemen adalah “folklore” dan fungsi-fungsi manajemen seperti perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengawasan atau pengendalian, tidak secara akurat menggambarkan kompleksitas atau kesemrawutan tugas-tugas manajerial. Mintzberg merasa bahwa pendektan fungsional atas pekerjaan manajerial adalah “kebohongan secara sadar” bahwa manjer secara hati-hati dan sengaja mengevaluasi informasi sebelum membuat keputusan.

Selanjutnya Mintzberg menyatakan bahwa berdasarkan penelitian dengan metode observasi atas lima orang eksekutif, menyimpulkan bahwa pekerjaan manajer yang mengemuka secara aktual dicerminkan dalam tiga peran utama atau aktivitas, yaitu ; interpersonal, informasional dan pengambilan keputusan. Peran interpersonal terdiri atas peran figurehead, leader, dan liaison. Peran informasional terdiri atas monitor, disseminator dan spokesperson. Terakhir, empat peran pengambilan keputusan meliputi entreprenuer, disturbance handler, resources allocator dan negosiator.

Bahkan lebih jauh Mintzberg mengemukakan tantangan dari kegunaan pendekatan fungsi manajemen dan aliran proses menarik banyak perhatian kajian-kajian empiris untuk menentukan apakah uraian-uraian yang dikemukakan oleh dirinya; atau, Fayol tentang tugas-tugas manajerial mana yang lebih akurat. Sementara hasil penelitian mengindikasikan bahwa apa yang dilakukan oleh manajer setidak-tidaknya sama dengan apa yang diidentifikasikan olehnya. Namun demikian sedikit temuan bahwa fungsi-fungsi manajemen sebagai cara merumuskan tugas manajer tidak berguna sebagaimana ditegaskan Mintzberg.

Perdebatan para ahli terus berlanjut atas masalah ini. Penelitian yang dilakukan oleh David Lamond menegaskan bahwa kedua pendekatan tersebut memiliki validitas yang sama. Pendekatan Fayol menguraikan tentang tugas ideal manajemen dan Mintzberg menguraikan kegiatan manajer sehari-hari. Mintzberg menawarkan pandangan tentang kegiatan praktis harian manajer, sementara fungsi manajemen masih tetap menyediakan jalan atau cara mengklasifikasikan kegiatan manajer sebagai upaya mereka mencapai tujuan organisasi.

 

Sumber : Raharja, Jaja, Sam’un. (2022). Asas-Asas Manajemen. Jakarta : Universitas Terbuka