DISKUSI 4 TUTORIAL ONLINE KEBIJAKAN BISNIS (ADBI4437)

 

Forum Diskusi 4

Jack Welch (Chief Executive officer) dari General Electric mencetuskan visi yang dapat menyelamatkan perusahaannya dari kebangkrutan.

Diskusikan bagaimana proses penciptakan visi tersebut dan faktor apa yang menyebabkan visi tersebut mampu dicapai.

Salam: Tutor


PENDAPAT DISKUSI 4 :

Harapan yang diinginkan terhadap masa depan perusahaan adalah menuju suatu kondisi yang menunjukkan arah yang lebih baik dan belum pernah diraih sebelumnya. Sebuah mimpi yang seharusnya memang merupakan sesuatu yang bisa dijangkau untuk mewujudkan harapan menjadi sebuah kenyataan.

Kajian mengenai analisis lingkungan perusahaan adalah memperoleh suatu gambaran yang jelas tentang bagaimana prospek perusahaan di masa mendatang. Sdebuah wawasan mengenai perusahaan dalam mengemban keberadaan ataupun kemajuan yang ingin diraih ditengah gejolak perubahan lingkungan. Wawasan yang demikian mampu mewujudkan suatu visi perusahaan dalam menatap masa depan secara lebih baik. Manifestasi dari visi tersebut akan tertuang dalam bentuk misi perusahaan yang memberikan harapan yang diinginkan terhadap masa depan perusahaan, yaitu menuju suatu kondisi yang menunjukkan arah yang lebih baik dan belum pernah diraih sebelumnya.

Jack Welch adalah mantan CEO General Electric yang cukup terkenal dan legendaris di kalangan manager perusahaan internasional. Terlahir dengan nama John Francis Welch Jr pada 19 November 1935 dikenal dunia karena kepemimpinannya saat dirinya menjabat sebagai Pemimpin dan Ketua Eksekutif dari General Electric (GE) pada periode 1981-2001 yang berhasil menyelamatkan perusahaan dari ancaman kebangkrutan..

Reputasinya diraih berkat kecerdasan bisnis yang tinggi dan strategi kepemimpinannya di GE. Setelah mundur dari GE pada 2001, Jack tetap menjadi tokoh yang disegani di kalangan bisnis mengingat strategi manajemennya yang inovatif dan gaya kepemimpinannya.

Dalam menjalankan kepemimpinannya di GE, Jack Welch memiliki panduan yang dikenal dengan istilah 4E + P, yang terdiri dari lima hal utama yang diperlukan untuk mendukung leadership di sebuah perusahaan. Kelima hal tersebut adalah

1. Energy.

Artinya kekuatan untuk berkarya, karena dalam menjalankan bsinsinya sebuah perusahaan membutuhkan banyak energi untuk bersaing dengan kompetitor lainnya. Serta harus siap menghadapi setiap tantangan dan hambatan yang sering muncul, dan ini terjadang membutuhkan energi yang besar. Bukan hanya dari manajemennya saja, tetapi juga dari seluruh karyawan yang terlibat. Semuanya ini harus dihadapi dengan penuh semangat dan antusiasme.

2. Energize.

Sebagai pimpinan yang baik, seorang manajer harus mampu menjabarkan visi yang dimilikinya untuk kemajuan organisasi dan menumbuhkan semangat, kepada karyawan dan kepada semua orang yang terlibat dalam organisasi. Selain itu pemimpin juga harus bisa memberikan contoh positif kepada bawahannya dalam setiap kesempatan. Serta memiliki kemampuan menggerakkan mereka untuk bekerja lebih keras, lebih baik, dan bersemangat.

3. Edge

Dalam memimpin seorang leader harus bisa mengambil keputusan secara obyektif dan tidak memihak pada satu sisi saja. Menurut Jack Welch seorang pemimpin lebih baik gagal ataupun sukses, daripada tidak memiliki kemampuan untuk membuat keputusan apapun. Edge adalah kemampuan kita mengambil keputusan terbaik dari keadaan yang sulit dan yang serba tidak pasti.

4. Execute.

Adalah kemampuan melaksanakan keputusan yang telah diambil dari semua rencana yang telah disepakati bersama. Sebuah rencana tidak akan berarti jika tidak bisa dilaksanakan (execute). Eksekusi sering menjadi lebih penting dari pada strategi, karena sukses tidaknya sebuah rencana sangat tergantung pada kualitas dan proses pelaksanaannya. Untuk dapat mendukung pelaksanaan rencana tersebut sangat dibutuhkan softskill dan hardskill yang baik, sehingga proses eksekusi tersebut bisa menghasilkan yang terbaik.

5. Passion

Artinya adalah semangat dalam bekerja, karena menurut Jack Welch untuk bisa membuat keempat hal di atas bisa berjalan dengan baik maka dibutuhkan adanya passion. Semangat. Dengan adanya semangat yang besar untuk bekerja akan dapat membuat karyawan bisa bekerja dengan lebih baik. Melakukan pekerjaan dengan disertai passion, antusiasme dan optimisme yang tinggi adalah kunci  sukses sebuah pekerjaan.

 

Sumber : Hamid,Djamhur dan Zainul Arifin (2022). Kebijakan Bisnis. Jakarta : Universitas Terbuka

https://www.intipesan.com/jack-welch-menjadi-ceo-legendaris-dengan-4e-1p/