Diskusi 5 Tutorial Online Praktik Bisnis di Indonesia (ADBI4441)

 


DISKUSI 5 :

Pada era pandemi covid 19 sekarang ini, sektor industri sangat diharapkan perannya dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Industri pertanian dianggap sebagai leading sector sangat diharapkan oleh pemerintah untuk berkembang lebih cepat daripada sektor industri lainnya.

Silakan diskusi dengan teman lainnya, berikan tanggapan terhadap pendapat teman lainnya,s ehingga terjadi diskusi yang mendalam. Berikan argumentasi yang ilmiah dalam memberikan tanggapan, sehingga saling membagi pengetahuan. Jangan takut salah dalam memberikan tanggapan, karena kita semua sedang dalam proses belajar.

Selamat berdiskusi

 

PENDAPAT DISKUSI :

Berdasarkan pada pengalaman sejarah, telah dibuktikan bahwa 4 abad yang lalu bangsa/negara kita diperebutkan dan dijajah oleh negara lain karena hasil pertanian: Indonesia memiliki sumber daya alam yang sangat berlimpah yang tidak ada duanya, ditambah lagi dengan budaya bertani yang telah mengakar di masyarakat, membuat sektor pertanian pada saat itu menjadi andalan (leading sector) dalam perekonomian nasional. Sector pertanian merupakan tulang punggung pembangunan nasional.

Kepala BPS menyampaikan apresiasi atas capaian ekspor dan peningkatan produksi sektor pertanian selama pandemi Covid-19. Sejak 2019-2021 ekspor pertanian tumbuh 14,3 persen dengan sub sektor tanaman pangan sebagai penyumbang tertinggi dalam distribusi dan pertumbuhan ekonomi sub sektor pertanian tahun 2020. Secara rinci berdasar sub sektornya, tanaman pangan tumbuh 3,54 persen, tanaman hortikultura 4,37 persen dan tanaman perkebunan tumbuh sebesar 1,33 persen. Hanya satu subsektor yaitu peternakan yang mengalami minus sebesar 0,33 persen.

 

Apresiasi datang dari Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) atas capaian sektor pertanian di masa pandemi Covid-19. Merujuk data BPS, menurutnya sektor pertanian mampu memberikan andil besar dan menjadi penopang perekonomian nasional. Sektor ini pada kuartal IV-2020 pun tumbuh sebesar 2,59% secara year on year (yoy) dengan pendukung utamanya subsektor tanaman pangan sebesar 10,47%. Dengan anjloknya sektor teknis lainya maka otomatis sektor pertanian menjadi penyelamat dalam resesi ekonomi kuartal III. Disamping itu kinerja ekspor pertanian tahun 2020 juga mengalami kenaikan 15,78% dari tahun sebelumnya. Fenomena ini menunjukkan bahwa pemerintah dan pemangku kepentingan (khususnya petani), mampu menjadikan sektor pertanian tetap eksis, bahkan mampu menyelamatkan ekonomi nasional (ASH).

 

Sumber :

https://pse.litbang.pertanian.go.id/ind/index.php/covid-19/berita-covid19/705-sektor-pertanian-menjadi-penyelamat-ekonomi-saat-pandemi-covid-19