Diskusi 3 Tutorial Online Pengantar Ilmu Ekonomi (ISIP4112)

 


DISKUSI 3 :

Pada sesi 3, anda mempelajari tentang teori perilaku konsumen. 

Apakah menurut anda jika harga suatu barang naik maka permintaannya akan turun? Berikan argumentasi anda dengan menggunakan konsep utility

**Jangan lupa cantumkan referensi anda jika mengutip dari sumber lain. Selamat berdiskusi !

 

PENDAPAT DISKUSI :

Adalah Benar Pernyataan “Jika harga suatu barang naik maka permintaannya akan turun”. Pernyataan ini adalah bagian dari bunyi Hukum Permintaan yang lengkapnya berbunyi : “Pembeli akan meningkatkan permintaan terhadap suatu barang apabila terjadi penurunan harga dari barang tersebut. Sebaliknya, Permintaan akan berkurang jika terjadi kenaikan harga pada barang tersebut”

Sementara dikaitkan dengan teori nilai guna (utility), Kepuasan yang didapat (nilai guna) pada saat seseorang mengkonsumsi suatu unit barang diasumsikan bisa dikuantifikasikan (jumlah satuan dalam angka) dengan satuan util.

Pada saat mengkonsumsi satuan yang pertama dari barang maka akan didapati kepuasan yang tinggi, Pada saat menkonsumsi satuan yang kedua maka kepuasan itu sudah berkurang. Demikian pada mengkonsumsi satuan barang yang ketiga dan seterusnya, sampai tidak ada lagi keinginan untuk mengkonsumsinya bahkan walaupun diberikan dengan gratis.