Diskusi 3 Tutorial Online Perencanaan dan Pengembangan Bisnis (ADBI4443)

 


DISKUSI 3 :

Pada diskusi ini kita akan membahas konsep-konsep berikut ini, yaitu Potensi Pasar, Peluang Pasar, dan Pangsa Pasar. Coba Saudara jelaskan perbedaan dari ketiga konsep tersebut.

Selamat berdiskusi!

 

 

PENDAPAT DISKUSI :

1. POTENSI PASAR

Potensi pasar adalah penilaian pendapatan penjualan dari semua saluran pemasok di pasar; adalah populasi yang tertarik pada produk/layanan yang sedang dibuat atau ditawarkan oleh suatu perusahaan.

Dengan kata lain, potensi pasar adalah potensi kemampuan menghasilkan uang dari suatu perusahaan jika mengkapitalisasi semua keuntungan dan semuanya berjalan sesuai keinginan. Biasanya diukur dalam unit penjualan/volume penjualan atau pendapatan potensial.

2. PELUANG PASAR

Pengertian peluang pasar adalah suatu kebutuhan dari konsumen atau pembeli dimana perusahaan dapat beroperasi dan mendapatkan keuntungan dari kebutuhan tersebut atau upaya diagnostic untuk menginterpetasikan atribut atribut lingkungan serta perubahannyaa.

Market opportunity atau peluang pasar adalah kombinasi keadaan dan waktu yang memungkinkan perusahaan untuk mengambil tindakan dalam mencapai sasaran perusahaan. 

3. PANGSA PASAR

Pangsa pasar adalah persentase dari total penjualan dalam industri yang dihasilkan oleh perusahaan tertentu.

Pangsa pasar atau market share dihitung dengan mengambil penjualan perusahaan selama periode tersebut dan membaginya dengan total penjualan industri selama periode yang sama.