Diskusi 3 Tutorial Online Praktik Bisnis di Indonesia (ADBI4441)

 


DISKUSI 3 :

Pada era new normal ini seluruh rangkaian kegiatan kehadiran penanaman modal di suatu negara ini mengalami penurunan pada akhirnya akan memberikan dampak drastis pada peningkatan kemampuan warga masyarakat dan perusahaan-perusahaan swasta dalam melakukan pembayaran pajak pada kas negara. 


Sebutkan dan jelaskan pengaruh tiga kegiatan utama Penanaman modal secara konseptual di masa pandemi ini !

 

PENDAPAT DISKUSI :

Penanaman Modal secara konseptual meliputi antara lain tiga kegiatan utama :

1. Investasi Masyarakat

Kegiatan investasi masyarakat merupakan kegiatan penanaman modal dalam bentuk pembelian aset-aset tidak bergerak seperti tanah, pembangunan tempat usaha dan pembelian mesin-mesin yang digunakan didalam kegiatan produksi.

 

2. Investasi swasta dalam rangka PMDN dan PMA

Investasi swasta lebih menitikberatkankegiatannya dalam perluasan kapasitas terpasang pabrik-pabrik meliputi mesin-mesin, peralatan dan teknologi. Disamping perluasan usaha, penanaman modal dapat berbentuk pembangunan pabrik-pabrik baru atau perluasan kepemilikan lahan yang akan digunakan untuk kegiatan usaha.

 

3. Belanja barang modal serta pengeluaran rutin oleh negara

Penanaman modal ternyata bukan hanya merupakan monopoli kegiatan yang dilakukan oleh pihak masyarakat dan pengusaha di sektor swasta. Wujud usaha ini dapat berbentuk kegiatan yang biasa dilakukan oleh negara lebih fokusnya oleh pemerintah daerah dalam berbagai aktivitasnya untuk pengeluaran-pengeluaran belanja barang dan jasa, kegiatan penyertaan modal dalam proyek infrastruktur, pengembangan sistem informasi, serta kegiatan pemberian jasa pelayanan kepada publik. Dari sudut pandang pengklasifikasian jenis penanaman modal seperti ini terlihat cukup luasnya cakupan penanaman modal di suatu daerah.

 

PENGARUH PANDEMI PADA KEGIATAN PENANAMAN MODAL :

Pada masa Pandemi saat ini Tiga Kegiatan Penanaman Modal secara konseptual diatas juga mengalami dampak yang serius. Pengaruh yang ditimbulkan tidak hanya pada satu bidang, namun hampir di seluruh aktivitas yang ada. Salah satu aspek yang menjadi perhatian besar adalah investasi. Adanya berbagai pembatasan di suatu negara sudah tentu berimbas pada aktivitas ekonomi.

 

Badan Koordinasi Penanaman Modal atau BKPM sendiri telah mengakui, virus Corona atau COVID-19 adalah ancaman serius yang cepat atau lambat akan mempengaruhi stabilitas suatu negara, termasuk Indonesia. Penurunan nilai investasi akan sangat kentara jika dilihat dari hubungan perdagangan yang melibatkan negara-negara episentrum COVID-19, salah satunya adalah Negara Tiongkok.

Adanya pembatasan atau lockdown membuat aktivitas perdagangan terdampak dengan nilai kerugian yang tidak sedikit. Kegiatan ini mencakup semua aktivitas bisnis yang berkaitan dengan pasokan bahan material yang berhubungan langsung dengan RRT, baik ekspor maupun impor.