Diskusi 3 Tutorial Online Sistem Informasi Manajemen (ADPU4442)

 


DISKUSI 3 :

Diskusikanlah

1) Sebutkan aktivitas dari operating system minimal 5!

2) Sebutkan masing-masing 5 peralatan dan media input!

Selamat berdiskusi.......

 

 

PENDAPAT DISKUSI :

 

1) Sebutkan aktivitas dari operating system minimal 5!

1. Pembuatan dan penghapusan proses pengguna dan sistem operasi

Tugas sistem operasi adalah memberikan sumberdaya yang dibutuhkan oleh sebuah prosess, yang kemudian sistem operasi teresbut mengambil sumberdaya itu kembalisesudah prosess selesai sehingga bisa dipergunakan untuk proses yang lain.

2. Melanjutkan atau menunda proses

Suatu sistem operasi mengatur prioritas dari proses yang akan dijalankan, jika terjadilebih dari dua proses yang meng antri, sistem operasi akan mengutamakan prosesyang mempunyai prioritas paliing besar.

3. Menyediakan mekanisme untuk proses sinkronisasi

Suatu sistem operasi mengatur jalan nya sebuah proses yang akan di eksekusi bersamasehingga tidak akan terjadi in-konsistensi data dikarenakan pengaksessan datayang serupa/sama, dan untuk melancarkan jalanya sebuah proses

4. Menyediakan mekanisme untuk proses komunikasi

Suatu sistem operasi akan menyediakan mekanisme agar proses dapat saling berinteraksi dan ber komunikasi yang satu dengan yang lainnya. dan tidak mengakibatkan proses lainterganggu

5. Menyediakan mekanisme untuk penanganan deadlock

Pengertian deadlock adalah keadaan dimana sistem sempat berhenti. Dikarenakan sumberdaya yang terdapat pada sistem tidak bisa dibagi, dan suatu proses harusmenunggu untuk mendapatkan sumber daya tersebut. suatu sistem operasi harus bisamendeteksi sebuah deadlock, apabila terjadi maka sistem operasi harus dapatmenanggulanginya

  

2) Sebutkan masing-masing 5 peralatan dan media input!

Input Device atau Perangkat Masukan merupakan perangkat keras yang berguna untukmemasukan data atau perintah dalam komputer. Alat input tidak bisa bekerja tanpa adanyasoftware atau perangkat lunak. ada dua jenis perangkat masukan yakni input langsung(langsung diproses. Contoh: keyboard dan mouse) dan peralatan input tidak langsung (harusmelalui media tertentu. Contoh: harddisk dan flashdisk). Berikut adalah beberapa macam perangkat masukan komputer lengkap dengan gambar. Baiklah soba sekarang mari kitamelihat langsung Macam Macam Input Device dan Fungsinya di bawah ini.

1. Keyboard

Keyboard adalah sebuah perangkat masukan yang digunakan untuk memasukan data berupa huruf, angka maupun symbol tertentu serta melakukan perintah-perintah untukmenyimpan file dan membuka file. Keyboard disebut juga sebagai papan ketik padakomputer.

2. Mouse

Mouse (tetikus) adalah perangkat keras yang mudah digenggam, umumnya berisi duatombol dan sebuah bola atau laser dibawahnya untuk menggerakan kursor (pointer).Fungsi mouse adalah untuk menggerakan kursor, melakukan scroll (tidak semuamouse), klik kiri, dan klik kanan. Gerakan kursor dalam keadaan default selalumengikuti arah perpindahan mouse.

3. Joystick

Joystick adalah perangkat keras berbentuk seperti tuas gigi mobil atau seperti stickkonsol. Fungsi joystick adalah untuk bermain game atau permainan pada komputer.Stick Xbox bisa digunakan sebagai joystick pada komputer Windows karena sama-sama buatan Microsoft.

4. Trackball

Trackball adalah perangkat keras yang digunakan sebagai alat penunjuk berupasebuah bola yang memiliki sensor untuk mendeteksi gerakan.

5. Light pen

Lightpen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk memodifikasi dan men-desain gambar dengan screen (monitor)