Diskusi 5 Tutorial Online Perilaku Organisasi (ADPU 4431)

 


DISKUSI 5 :

Forum ini akan membahas dan mendiskusikan hal terkait Hubungan Antarmanusia.

Komunikasi dan Motivasi merupakan dua pilar utama hubungan manusiawi di dalam organisasi.

Diskusikan dengan kawan kawan Anda, pernyataan tersebut. Gunakan konsep dan teori yang relevan ya.

Berikan contoh dan argumen dari statement tersebut.

 

 

PENDAPAT DISKUSI 5 :

Istilah Hubungan manusia atau hubungan insani merupakan terjemahan paling cocok dari Human relations, karena dalam pengertian tersebut mengandung makna secara rohaniah menuju kepada kebahagiaan dengan aspek kejiwaan yang berkaitan dengan watak, sifat, kepribadian, sikap, yaitu manajer dan karyawan. Dalam konsep ini terdapat aspek motivasi, karena kepuasan manusia dalam organisasi disebabkan tercapainya kebutuhan pribadi, disamping telah melaksanakan tugas dengan baik.

 

Konsep hubungan manusia ini merupakan salah satu ciri komunikasi organisasi yang merupakan esensi suatu organisasi, Beberapa pakar menyebutkan bahwa sebenarnya organisasi adalah tempat interaksi manusia.

 

Goldhaber mengatakan : “organisasi itu adalah suatu jaringan hubungan yang saling bergantung”. Pimpinan dan bawahan memiliki saling ketergantungan, Masing-masing dapat saling mempengaruhi dan saling dipengaruhi satu sama lain. Dalam pelaksanaan hubungan antarmanusiawi, pihak pimpinan mempraktikkan komunikasi dan motivasi kepada para bawahan sesuai dengan karakteristik bawahannya.

 

Pelaksanaan hubungan antarmanusiawi yang positif dapat mengurangi munculnya ketidakpuasan dan akan menimbulkan tumbuhnya semangat kerja serta akan menimbulkan kinerja yang efektif dan efisien.

 

Sumber :

BMP ADPU443; Perilaku Organisasi; Muharto Toha – Darmanto; Universitas Terbuka