Diskusi 5 Tutorial Online Pengantar Ilmu Ekonomi (ISIP4112)

 


DISKUSI 5 :

Pandemi Covid19 yang berlangsung sejak akhir 2019 sangat berdampak pada industry penerbangan di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Berikan pendapat anda bagaimana struktur pasar pada industry penerbangan di Indonesia. Berikan alasan anda !

Selamat berdiskusi...

Salam,

Tutor

 

PENDAPAT DISKUSI :

Penerbangan merupakan industri paling global. Industri ini mempekerjakan jutaan orang dan menjadi penopang puluhan juta lainnya, serta menjadi pusat saraf bagi bisnis dan wisata internasional.

Pandemi Covid-19 yang berlangsung sejak akhir 2019 berdampak juga pada Industri penerbangan. Penerbangan masih tutup karena pandemi Covid-19 dengan sekitar 17.000 pesawat diparkir di berbagai bandara di seluruh dunia. Jumlah penerbangan harian turun sebanyak 80% sejak awal tahun, dan di beberapa kawasan, perjalanan bahkan dihentikan sama sekali.

Industri penerbangan kini dalam moda bertahan. Maskapai, bandara dan perusahaan jasa layanan penerbangan sedang menghemat tabungan mereka sementara sumber penghasilan mengering.

Sebelum Pandemi Covid-19 struktur pasar dalam industri penerbangan nasional saat itudalam kondisi duopoli, di mana industri penerbangan domestik dikuasai Garuda grup dan Lion Air grup. Dua industri penerbangan domestik ini “menentukan” harga tiket penerbangan di Indonesia. Kenapa harga tiket pada suatu saat  tiba-tiba naik? Tentu ada karena langkah-langkah internal dari duaperusahaan penerbangan ini. Mereka bisa melakukan itu karena pesaingnya tidak ada.

Sementara itu Maskapai atau industri penerbangan asing tidak diperbolehkan melayani jalur penerbangan domestik dalam negeri, seandainya pesaing dari maskapai asing itu hadir dalam pasar penerbangan domestik, maka maskapai-maskapai domestik tidak akan bisa menaikkan harga tiket sejak jauh-jauh hari dan struktur pasar tidak dalam kondisi duopoli.

Kalau struktur pasar memberikan kekuatan atau power yang agak berlebihan di produsen, maka jawabannya adalah dengan mengundang pesaingnya agar maskapai-maskapai yang sudah eksis menurunkan harga. Pemerintah saat ini tidak hanya memihak kepada produsen, namun juga harus berpihak kepada konsumen terkait masalah harga tiket penerbangan domestik.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menilai masuknya maskapai penerbangan asing akan menimbulkan permintaan dan pemenuhan kebutuhan pelanggan sehingga harga tiket pesawat akan terkoreksi.

 

Sumber :

BMP4112; Pengantar Ilmu Ekonomi; Ferry Hadiyanto; Universitas Terbuka