Diskusi 5 Tutorial Online Kepemimpinan (ADPU4334)

 


DISKUSI 5 :

Diskusikan:

1.   Bandingkan gaya kepemimpinan demokratis dan otoriter!

2.   Pak A melakukan penertiban dan pendisiplinan warganya dengan menggusur daerah kumuh untuk kemudian didirikan prasarana dan sarana untuk warga kota. Berdasarkan wacana diatas, cobalah anda identifikasi dan uraikan bagaimana gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh pak A dalam melakukan pembangunan wilayahnya!

(Untuk dapat menjawab pertanyaan nomor 2 tersebut, Anda cermati bagaimana sifat dari gaya kepemimpinan otoriter. Bagaimana seorang pimpinan otoriter dalam mengambil keputusan untuk mencapai tujuan organisasinya, meskipun hasilnya sesuatu hal yang pahit dan dapat dinikmati oleh semua pihak meski dengan sikap kesal)

 

Petunjuk:

- Kemukakan pendapat/argumen Anda dengan berdasar pada studi kasus, konsep dan teori, bersumber dari BMP maupun referensi lain (penunjang), dan juga berdasarkan pengalaman praktis tentang kepemimpinan disekitar Anda (tanggapan yang diberikan bukan merupakan “hasil copy paste”. Hindari plagiarisme).

- Tanggapan yang diberikan berdasarkan pemahaman/argumentasi masing-masing mahasiswa dengan mengacu pada referensi yang digunakan (misalnya dituangkan dengan bahasa atau kalimat sendiri seperti merangkum atau parafrase). Selanjutnya, cantumkan sumber referensi tanggapan Anda.

Selamat berdiskusi

 

PENDAPAT DISKUSI 5 :

1.    Bandingkan gaya kepemimpinan demokratis dan otoriter!

Gaya Kepemimpinan Demokratis;

Dalam gaya kepemimpinan ini menempatkan manusia sebagai faktor terpenting dalam kepemimpinan yang dilakukan berdasarkan dan mengutamakan orientasi pada hubungan dengan anggota organisasi. Filsafat demokratis yang mendasari pandangan tipe dan gaya kepemimpinan ini adalah pengakuan dan penerimaan bahwa manusia merupakan makhluk yang memiliki harkat dan martabat yang mulia dengan hak asasi yang sama.

 

Gaya Kepemimpinan Otoriter;

Memperlihatkan perilaku atau gaya kepemimpinan yang bersifat terpusat pada pemimpin (sentralistik) sebagai satu-satunya penentu, penguasa, dan pengendali anggota organisasi dan kegiatannya dalam usaha mencapai tujuan organisasi. Pengambilan keputusan biasanya dilakukan oleh diri pemimpin sendiri.

 

2.    Pak A melakukan penertiban dan pendisiplinan warganya dengan menggusur daerah kumuh untuk kemudian didirikan prasarana dan sarana untuk warga kota. Berdasarkan wacana diatas, cobalah anda identifikasi dan uraikan bagaimana gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh pak A dalam melakukan pembangunan wilayahnya!

Gaya Kepemimpinan yang diterapkan oleh Pak A adalah Gaya atau Perilaku kepemimpinan Otoriter. Dalam memimpin Pak A berorientasi pada pelaksanaan tugas sebagai perilaku yang terpenting dalam mewujudkan kepemimpinan yang efektif.

 

 

Sumber :

BMP ADPU4334; Kepemimpinan; Enceng, dkk; Universitas Terbuka