Diskusi 6 Tutorial Online Kepemimpinan (ADPU4334)

 



Diskusikan:

  • Sifat kekuasaan itu bisa sangat konstruktif tetapi juga bisa sangat destruktif tergantung pada manusia yang menggunakannya. Oleh karena itu, jenis kekuasaan apa yang memungkinkan seorang pemimpin menjadi efektif? Kemukakan pandangan/argumentasi Anda!

(Untuk menjawab pertanyaan ini Anda harus ingat bahwa efektivitas kepemimpinan tergantung pada sifat organisasi, tugas dan para pengikut. Dalam kaitan dengan kekuasaan, keberhasilan seorang pemimpin sangat tergantung pada cara bagaimana kekuasaan itu digunakan).

 

  • Taktik mempengaruhi yang mana yang paling memungkinkan menghasilkan komitmen pada tugas? Kemukakan pandangan/argumentasi Anda!

(Anda harus memahami hasil-hasil dari suatu usaha mempengaruhi terutama pengertian komitmen. Kemudian, Anda harus ingat berbagai taktik mempengaruhi yang telah dibahas di modul ini)

 

Petunjuk:

- Tanggapan yang diberikan berdasarkan pemahaman masing-masing mahasiswa dengan mengacu pada BMP maupun referensi lain yang digunakan (dapat dituangkan dengan bahasa atau kalimat sendiri seperti merangkum atau parafrase). Bukan sekedar menyalin secara utuh dari Modul/BMP. Selanjutnya, cantumkan sumber referensi tanggapan Anda.

- Kemukakan pendapat/argumen Anda dengan berdasar pada konsep dan teori bersumber dari BMP maupun referensi lain sebagai penunjang, dan juga berdasarkan pengalaman praktis tentang kepemimpinan disekitar Anda (tanggapan yang diberikan bukan merupakan “hasil jiplakan atau copy paste”).

Selamat berdiskusi.